Sukses

Lifestyle

Seperti Apa Ekspresi Anies Baswedan Saat Disebut Pak Menteri?

Fimela.com, Jakarta Debat Calon Gubernur (Cagub) DKI 2017 pada 13 Januari kemarin masih dibicarakan banyak orang. Bukan hanya penampilan Ira Koesno yang banyak dibahas di debat cagub tersebut. Sebutan “Pak Menteri” dari Calon Wakil Gubernur (Cawagub) DKI Jakarta Sylviana Murni pada Cagub DKI Jakarta Anies Baswedan dalam debat itu menjadi perbincangan netizen.

Anies terlihat memasang ekspresi datar, sedangkan Sandiaga Uno terlihat tersenyum simpul mendengar “sapaan” tersebut. Pakar bahasa tubuh Monica Kumalasari mengatakan Anies sempat terlihat terkejut, tapi emosi itu segera disembunyikannya dengan memasang raut wajah datar.

Cawagub DKI Jakarta nomor urut 1, Sylviana Murni memaparkan visi dan misi saat debat Perdana. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

“Bisa kelihatan dari mikro ekspresi yang muncul sangat cepat, hanya seperempat detik, sempat kaget. Ada sempat campuran ekspresi antara kaget sama marah,” tutur Monica, seperti dilansir dari antaranews. Sapaan “Pak Menteri” bisa jadi dinilai menyinggung, padahal sejak awal sudah ada komitmen kalau para kandidat tidak boleh menyerang secara personal.

Untuk menganalisa ekspresi mikro lebih dalam, seorang ahli harus melihat detil-detil yang terlewatkan oleh orang awam. “Ibaratnya video yang di-pause, kita bisa lihat otot mana yang mencerminkan kalau dia sempat kaget,” ungkap Monica. Anies dan Sandi segera menyembunyikan perasaan terkejut karena menyadari mereka harus menjaga diri saat tampil di depan publik.

Cagub nomor 1, Agus Harimurti Yudhoyono memaparkan visi misi pada debat perdana Cagub DKI Jakarta di Bidakara, Jakarta, Jumat (13/1). Agus memperlihatkan kepercayaan dirinya menjawab dengan tegas. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Usai debat, Sandiaga Uno memang mengaku terkejut karena rekannya disapa “Pak Menteri”. "Padahal kami sudah komitmen untuk enggak saling serang profesi, tapi kalau program boleh. Ini yang di luar komitmen dari awal," ucap Sandi. Anies Baswedan pernah menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada Oktober 2014 sampai Juli 2016 sebelum maju sebagai cagub DKI Jakarta.

Pilkada DKI 2017 diikuti tiga pasangan cagub, yaitu Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, kemudian Basuki Tjahaja Purnama-Dajrot Saiful Hidayat, dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno. Debat cagub berikutnya bakal digelar pada 27 Januari nanti.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading