Sukses

Lifestyle

Ini 3 Alasan Kenapa Kamu Harus Lakukan Pernapasan Perut

Fimela.com, Jakarta Secara otomatis, setiap manusia akan bernapas menggunakan paru-paru. Tapi, tanpa kamu sadari, ada dua pernapasan yang kamu lakukan. Pertama, pernapasan menggunakan dada dan perut. Pernapasan jenis kedua merupakan pernapasan yang sebenarnya kamu lakukan sehari-hari. 

Tapi, kadang kamu tak sadar, kalau pernapasan perut yang biasa disebut dengan diaphragmatic breathing ini juga bermanfaat buat kesehatanmu. Bahkan, sebagian orang mengaku jauhdari berbagai penyakit hanya dengan melatih pernapasan ini. Dilansir dari Breathing remedies, ada 4 alasan kenapa kamu harus lakukan pernapasan ini. 

1. Dengan melakukan pernapasan ini, terjadi efisiensi pertukaran gas. Karena, bagian ketiga bawah paru-parumu merupakan di mana terjadinya pertukaran gas. Sehingga, oksigenasi menjadi lebih efisien ketika kamu menggunakan diafragma. 

Bernapas dengan teknik perut, membantu dapatkan ketenangan pikiran. (Foto: theultimateyogi.com))

2. Pertapasan ini juga menyeimbangkan sistem saraf otonom. Dengan cara mengurangi denyut jantung dan tingkat pernapasan.

Ilustrasi meditasi di Sivananda Ashram, Woodbourne, New York. (tinybuddha.com)

3. Dengan melakukan pernapasan ini, otot sekitar leher akan lebih santai. Juga, ketegangan bahu berkurang. Makanya, orang-orang yang sering berlatih pernapasan ini jarang memiliki keluhan sakit bahu atau leher. 

Sumber : parentsociety.com.

4. Pernapasan perut juga 'memijat' atau menggerakkan organ abdominal. Dengan begitu, membantu sistem pencernaan dan pembuangan sistem limfa menjadi lebih efisien dan baik. 

6 solusi untuk kamu ang nggak betah meditasi. (Via: rugbystrengthcoach.com)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading