Sukses

Lifestyle

5 Macam Bunga yang Baik Buat Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Jangan takut, kalau kamu melihat ada orang yang memang sengaja memakan bunga mawar atau melati. Karena, ternyata bunga memiliki khasiat yang sangat baik untuk tubuhmu. Memang, tak semua jenis bunga berkhasiat bila dimakan. Sebagian bunga digunakan hanya untuk pengobatan dari luar. 

Seperti kembang telon yang berwarna biru. Air rendamannya hanya digunakan untuk menjernihkan mata, baik untuk para bayi dan orang dewasa. Lantas, apa saja bunga-bunga yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh? Simak bahasannya di bawah ini, yang dilansir dari berbagai sumber. 

Bunga Matahari. Bunga indah yang besar dan berwarna kuning terang ini ternyata tak hanya indah kalau difoto. Tapi juga menyehatkan jika dikonsumsi. Bunga ini mengandung quercimeritrin, helianthoside, Asam oleanolat, sam echinocystat, prostaglandin E, asam chlorogenic, asam quinat, dan lemak. Biasanya dikonsumsi untuk menurunkan hipertensi, sakit kepala, sakit gigi, kanker lambung, neyri lambung, nyeri payudara, nyeri pada saat haid, dan lainnya. 

Festival bunga matahari Thailand

Bunga Mawar. Bunga yang kerap diberikan kepada orang terkasi sebagai lambang cinta ternyata juga baik untuk dikonsumsi. Karena, bunga ini mengandung zat sitrat, sitronelol, geraniol linalol, nerol, eugenol, feniletilalkohol farnosol, dan nonilaldehida. Mawar selain untuk kecantikan, juga dikonsumsi untuk melancarkan haid, mengobati keputihan, pembengkakakn payudara, campak, paru-paru, radang usus, rematik, sakit kepala, dan untuk kesehatan kulit. 

Tak hanya sekedar bunga, namun mawar juga memiliki manfaat untuk kecantikan wajah.

Melati, identik dengan mistis lantaran kerap tumbuh di sebagian kuburan dan juga sempat booming lantaran sebuah film yang diperankan Suzzanna. Namun, tahukah kamu kalau melati ini punya banyak khasiat, antara lain menguramngi produksi asi, sesak nafas, sakit kepala, jerawat, mata bengkak, radang usus, radang ginjal, dan lainnya. 

Bunga melati bermanfaat untuk kecantikan. (via: istimewa)

Kamboja, juga dikenal sebagai bunga yang tumbuh dikuburan. Namun, kerap digunakana leluhur untuk menurunkan panas, peluruh kencing, obat batuk, pelancar BAB, dan lain sebagainya. 

Bunga kamboja identik dengan tumbuhan yang ditanam di kuburan. Namun sekarng banyak perumahan elit yang memanfaatkan sebagai tanaman hias.

Kembang sepatu yang cantik berwarna merah pun juga berkhasiat. Bunga ini mengandung teraxeryl acetat, cyanidin diglucosid, hibisetin, zat pahit, dan lendir. Tak disangka, banyak orang meyakini bunga ini ampuh untuk mengobati TBC, batuk rejan, demam malaria, gondongan, keputihan, melancarkan haid, mimisan, sariawan, dan radang usus. 

Ternyata Bunga Kembang Sepatu dapat Atasi Rambut Rontok

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading