Sukses

Lifestyle

Awas, Kelamaan Duduk Bisa Bikin Kita Cepat Tua

Bintang.com, Jakarta Kamu yang masih kuliah atau sudah bekerja pasti kerap duduk dalam waktu lama. Kamu pernah menghitung berapa jam dalam sehari yang kamu habiskan untuk duduk? Kalau ternyata lebih dari 10 jam, kamu bisa mempercepat proses penuaan sampai 8 tahun, lho.

Seperti dilansir dari antaranews, hal tersebut datang dari peneliti yang mempelajari gaya hidup 1.481 perempuan berusia lebih dari 64 tahun. "Studi kami menemukan kalau sel-sel menua lebih cepat dengan gaya hidup yang duduk terus menerus," terang Dr Aladdin Shadyab, dari University of California, San Diego, AS, yang memimpin penelitian tersebut.

Jika Anda selalu bekerja sambil duduk, gerakan sederhana di bawah ini dapat membuat tubuh lebih santai. Lihat di sini.

Menurutnya, usia kronologis tidak selalu sesuai dengan usia biologis seseorang. Studi tersebut menemukan kalau ketidakaktifan menyebabkan telomeres -- topi pelindung kecil yang ada pada ujung untaian DNA – jadi lebih pendek.

Tanpa telomeres, sel-sel menua lebih cepat dan karena itu lebih rentan terhadap orang-orang dengan penyakit seperti jantung atau diabetes. Untungnya, telomeres tidak semuanya hilang kalau kamu duduk dalam waktu yang lama. Para peneliti mengatakan bahwa hanya dengan setengah jam olahraga ringan (bahkan cukup hanya berjalan) bisa memperbaiki kerusakan tersebut.

Meskipun wanita terlihat jarang berolahraga, ada beberapa olahraga favorit yang digandrungi wanita.

"Kami menemukan bahwa wanita yang duduk lama tidak memiliki telomer dengan ukuran lebih pendek jika mereka berolahraga minimal 30 menit saja dalam sehari," tutur Dr Shadyab.

"Olahraga harus dimulai ketika masih muda. Aktivitas fisik sebaiknya terus menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari seiring dengan bertambahnya usia, bahkan pada usia 80 tahun sekalipun," tandasnya. Jadi buat kamu yang sering duduk, jangan lupa berolahraga setiap hari ya.

Loading