Sukses

Lifestyle

Selain Vaginitis, Ini 3 Gangguan Kesehatan pada Vagina

Fimela.com, Jakarta Tidak banyak perempuan tahu soal macam gangguan pada vagina. Tapi, keluhan yang paling sering diadukan kepada dokter adalah keputihan dan juga gatal pada daerah kewanitaan dan bahkan sampai selangkangan. Selain itu, juga ada vaginitis. 

Namun, bukan cuma dua gangguan ini yang harus kamu waspadai. Berikut ini, beberapa gangguan vagina yang harus kamu waspadai. 

1. Tonjolan kecil pada vagina, dengan permukaan kasar merupakan kutil vagina. Dilansir dari Alo Dokter, kutil ini tumbuh secara berkelompok atau sendiri-sendiri. Namun, jangan khawatir, karena akan sembuh usai diberi salep dari dokter. 

Ilustrasi Bibir Vagina

2. Keluarnya darah dari vagina itu normal, kalau dalam masa haid. Tapi, ada juga kaum Hawa yang mengeluarkan darah dari vaginanya, di luar masa haid. Dilansir dari media yang sama, pendarahan ini bisa jadi gejala infeksi sperti klamidia, atau terjadinya ketidaknormalan pada leher rahim. 

Awalnya, tindik vagina merupakan adat tradisional dari suku di Asia Tenggara.

3. Juga ada benjolan pada mulut vagina, yang dinamakan Bartholin. Benjolan ini mengandung nanah, seperti bisul pada umumnya. Kamu bisa sembuh melalui antibiotik atau juga melalui jalur bedah. 

Seakan menjadi tua belum cukup buruk, kondisi vagina berikut ini bisa membuat Anda semakin tak menantikan saat-saat itu.

4. Terakhir, ruam pada vagina. Gangguan ini disebabkan oleh virus yang bisa pindah dari orang ke orang melalui handuk. Ruam ini berbentuk bintik-bintik merah yang padat namun tidak terasa sakit. Kalau kamu menemukan ruam, segera periksa ke dokter, ya!

Lima penyebab terjadinya kegatalan pada rambut kemaluan di vagina bagian atas wanita

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading