Sukses

Lifestyle

7 Arti Tanda Bintik Merah pada Tubuhmu

Fimela.com, Jakarta Munculnya bintik merah pada tubuh memang memiliki banyak arti. Kamu yang bukan dokter atau awam dengan tanda-tanda perubahan pada tubuhmu mungkin akan menganggapnya sebagai bintik biasa. 

Kalau bukan digigit nyamuk, mungkin biang keringat. Tapi, apa jadinya kalau bintik tersebut merupakan tanda adanya gangguan kesehatan pada tubuhmu? Brigh Sight menulis, pada beberapa kasus, bintik merah merupakan tanda kalau ada gangguan kesehatan. Dan, arti dari tanda itu berbeda-beda tergantung letak munculnya bintik tersebut. 

Pada Pantat. Hal ini terjadi mungkin karena sabun atau produk pembersihmu berkualitas rendah. Atau bisa juga karena celana dalam yang terlalu ketat. 

Ilustrasi celana dalam ketat | Via: istimewa

Pada Dagu dan Leher. Kalau kamu punya bintik merah pada dagu dan/atau leher, kemungkinan kamu memiliki ganggua pada kelenjar adrenal. Lebih spesifiknya, aktivitas pada kelenjar tersebut meningkat. 

Menghilangkan bintik hitam di wajah dengan pasta gigi. Sumber : independent.co.uk.

Punggung dan Bahu. Kamu mungkin mengira bintik merah pada punggung dan bahu merupakan biang keringat atau juga jerawat. Tapi sayangnya, ini merupakan tanda kalau kamu punya masalah pada pencernaan. 

Terganggu sistem pencernaan | via: radangususbesar.com

Dada. Sementara, bintik merah yang muncul pada dada bisa jadi sebuah tanda kalau sistem hormonmu tidak seimbang. Kamu bisa berkonsultasi dengan Obgyn atau dokter kandungan soal hal ini. 

Hormon pertumbuhan juga hanya bisa bekerja ketika kita tidur pulas di malam hari. Itulah sebabnya mengapa kita perlu memastikan apakah tidur kita sudah cukup setiap malam.

Siku. kalau kamu menemukan bintik merah di sekitar siku, mungkin ini bukan karena gigitan serangga. Tapi adanya alergi atau infeksi yang disebabkan oleh jamur. 

Menurut laporan, jamur memiliki kandungan protein yang bisa dengan mudah hancur dengan enzim dan mikroorganisme. (Wisegeek)

Perut. Sementara pada perut, spot berwarna merah ini menandakan kalau terjaadi ketidakseimbangan kadar gula pada darah. Segera cek apakah kamu memiliki diabetes atau tidak, ya!

Benarkah Diabetes Bisa Disembuhkan?

Kaki. Sementara, pada kaki, kemungkinan bukan karena kamu digigit nyamuk. Mungkin ini tanda alergi terhadap produk kosmetik tertentu, atau vitamin. Kalau kamu menemukan bintik merah di tubuh, coba langsung periksakan kesehatanmu, ya!

Item Kosmetik yang Wajib Dibawa Saat Traveling. (Foto: heartbowsmakeup.com)

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading