Sukses

Lifestyle

Sering Sakit Perut, Mungkinkah Kamu Miliki Coeliac?

Fimela.com, Jakarta Ada banyak macam penyakit atau gangguan pada pencernaan. Mulai yang ringan seperti maag, hingga kanker. Tapi, tahukah kamu kalau ada satu penyakit pencernaan yang tidak bisa disembuhkan? Namanya Coeliac. Dilansir dari The Sun, Coeliac merupakan penyakit autoimun pencernaan dimana usus bereaksi  pada gluten sehingga menimbulkan inflamasi. 

Reaksi ini bisa datang dari makanan mengandung protein seperti gandum, barley, dan gandum hitam. Pada tubuh pasien, gluten merusak lapisan usus dan membuat tubuh tidak bisa menyerap nutrisi penting. Sayangnya, penyakit ini tidak bisa disembuhkan dan akan terus ada di tubuh pasien seumur hidup. 

Gejala atau reaksi dari penyakit ini adalah kembung, muntah-muntah, lelah, dan hanya bisa diobati dengan perubahan pola serta menu makanan. Penyakit ini mungkin kurang populer di Tanah Air. Karena itu, sebaiknya kamu mencari tahu lebih banyak dengan membaca-baca buku kesehatan atau artikel dari Amerika atau Eropa. 

Ilustrasi | via: liputan6.com

Meskipun tak dapat disembuhkan, kamu tak akan sengsara. Selama kamu mau memilah makanan mana yang tak akan menimbulkan reaksi buruk pada perut atau ususmu. Tentunya, untuk melakukan hal ini, kamu juga harus menanyakannya ke dokter terlebih dahulu. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading