Sukses

Lifestyle

5 Hal yang Pengaruhi Fertilitas Kaum Hawa di Kantor

Bintang.com, Jakarta Soal kehamilan, ada banyak hal yang akan memengaruhi kesehatan ibu hamil (bumil) dan juga janin yang ada di dalam kandungan. Mulai dari aktivitas, olahraga, hingga makanan dan pola tidur. Tapi, di antara semua hal tersebut, juga ada faktor emosional yang akan memengaruhi kandungan. 

Makanya, kadang bumil yang terlalu lelah, stres, dan depresi bisa saja kekeguruan. Tapi, buat kamu yang baru hamil anak pertama, jangan takut dulu. Yang penting, kamu paham dengan beberapa hal yang memengaruhi kehamilanmu dan janin. Juga jangan lupa dengan kesehatan kamu sendiri. 

1. Bumil berat badannya akan bertambah selama masa kehamilan. Tapi, kamu juga tak boleh terlalu gemuk. Dilansir dari Parents.com, body fat level tak boleh di atas 10-15 persen dari batas normal. Dan, tak boleh juga di bawah 10-15 persen dari batas normal. 

2. Masa sebelum kehamilan juga berpengaruh. Kalau sebelum kehamilan sistem hormonmu tak seimbang, ini juga bisa memengaruhi masa kehamilan. Seperti mens tak teratur, terlalu sedikit atau banyak darah yang keluar pada saat mens. Ini bisa memengaruhi ovulasi pada saat kamu sudah menikah nanti. 

Minum Es saat Hamil Sebabkan Tulang Keropos?

3. Penyakit yang kamu miliki juga penting. Terutama penyakit autoimun seperti lupus, diabetes, dan tiroid. 

4. Ingat-ingat, sebelum merencanakan kehamilan, apakah kamu mengonsumsi obat-obatan? Misalnya, obat anti depresan, penghilang rasa sakit, atau obat-obatan keras untuk menyembuhkan penyakit serius. 

Cara untuk Mempersiapkan Kehamilan (Foto: huffingtonpost.com)

5. Terakhir, yang paling sering kamu dengar, yaitu alkohol dan juga rokok. Perempuan yang merokok memiliki risiko berat terhadap kesehatannya sendiri dan juga janin. Dilansir dari Parents.com, perempuan yang biasanya mengonsumsi alkohol dengan intensitas 5 kali dalam seminggu juga harus waspada. 

Loading