Sukses

Lifestyle

Bukan Keriput yang Membuat Orang Terlihat Lebih Tua

Fimela.com, Jakarta Kamu mungkin pernah bertanya-tanya kenapa beberapa orang terlihat lebih tua dari umur sebenarnya? Kenyataannya, meski kamu betul berapa umur mereka, wajah mereka terlihat jauh lebih tua dari umur sebenarnya. Hal itu ternyata tak terjadi begitu aja karena ada penjelasan ilmiah dan ilmu pengetahuan memiliki jawabannya.

Berdasarkan data dari tim Erasmus University Medical Centre di Belanda yang pernah melakukan sebuah penelitian tentang usia manusia, menyatakan kalau usia adalah masalah gen. Seperti dilansir dari liputan6.com, ada satu gen bernama MC1R atau biasa dikenal dengan nama aging gene (gen penuaan).

Faktor diet hingga usia begitu mempengaruhi kulit wajah menjadi keriput hingga kendur. Dengan nutrisi ini, kulit akan sehat lebih lama

Gen ini muncul dalam berbagai cara, seperti rambut merah atau biasa disebut the ginger gene. Ilmu pengetahuan membuktikan kalau banyak orang merasa beruntung karena terlihat lebih muda dari umur yang mereka miliki sebenarnya. Meski begitu, tidak sedikit juga orang yang mengeluh karena terlihat lebih tua dari usia sebenarnya.

Para peneliti meminta beberapa relawan untuk menebak umur dari 4.000 foto pria dan wanita. Mereka kemudian diberikan DNA dari masing-masing orang di dalam foto untuk mengetahui mana orang-orang yang tampak lebih tua, dan sebaliknya. Faktanya, bagian pertama dari DNA manusia, kode genetiklah yang bisa memengaruhi tampilan umur seseorang kepada orang lainnya.

Ternyata wajah yang tampak lebih tua dari umur yang sebenarnya memiliki alasan yang telah dibuktikan oleh ilmu pengetahuan, apakah itu?

Gen selalu diciptakan berpasangan dan sekitar 6 persen dari gen ini terlahir sebagai gen penuaan. Ini berarti akan membuat seseorang terlihat dua tahun lebih tua dari orang lain yang tidak memiliki gen ini sama sekali.

Sekitar 43 persen manusia memiliki gen penuaan ini dan terlihat satu tahun lebih tua dari umur mereka yang sebenarnya. Sisanya, mereka tidak memiliki gen penuaan sama sekali. Hal yang menarik adalah para peneliti juga menemukan kalau orang-orang yang terlahir dengan gen penuaan ini tidak akan terpengaruh banyak dengan keriput dan tanda-tanda penuaan yang lainnya.

Beberapa latihan wajah selama 3 detik -10 detik setiap hari, memang bisa mencegah keriput. Apa saja latihannya?

Namun, belum ada alasan yang tepat bagaimana gen ini bisa mempengaruhi tanda-tanda penuaan pada seseorang. Hmm, kira-kira di usia berapa nanti ada keriput di wajah kamu? Apakah wajah kamu terlihat lebih tua dari usia kamu sebenarnya?.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading