Sukses

Lifestyle

Ada Filosofi di Mangkuk Bergambar Ayam yang Legendaris

Fimela.com, Jakarta Di Indonesia ada mangkuk yang legendaris. Para penggemar kuliner, terutama yang suka membeli jajanan seperti bakso, soto, atau mie ayam, pasti sangat familiar dengan mangkuk ini. Yang dimaksud adalah mangkuk bergambar ayam, bunga peony, dan daun pohon pisang. Mangkuk bergambar ini memang sudah populer sejak jaman dulu (jadul).

Kalau diperhatikan, tak sedikit pedagang makanan berkuah yang menggunakannya. Bahkan bisa dibilang mangkuk ini sudah melegenda di dunia kuliner tanah air. Apalagi saat sebuah merek penyedap rasa di Indonesia menjadikannya sebagai hadiah untuk pembeli produknya dalam jumlah banyak.

Mi Ayam Tumini ini sudah sejak tahun 1990. Buka setiap hari dari jam 10.00 - 18.00 WIB

Namun seperti dilansir dari Good News From Indonesia, mangkuk ayam ini ternyata tak hanya fenomenal di Indonesia Konon, ia juga banyak dijumpai di Singapura, Thailand, Malaysia, dan Cina. Mangkuk ini bahkan pernah muncul di salah satu adegan dalam film Kungfu Hustle yang dibintangi Stephen Chow.

Kalau diamati lebih lanjut, mangkuk ini ternyata bukan asli dari Indonesia, terbukti dengan adanya tulisan “Made In China” di bagian bawahnya. Walaupun begitu, keberadaanya seperti jadi saksi kelezatan dan kekayaan kuliner nusantara. Gambar ayam berwarna merah dan hitam yang tercetak pada mangkuk ini tenyata bukan tanpa alasan.

Mangkuk Ayam di film Kungfu Hustle. foto: Good News From Indonesia

Menurut beberapa sumber, gambar sosok ayam pada mangkok ini merupakan simbol kemakmuran. Secara historis, filosofi tentang kemakmuran dan ayam ini sudah dikenal sejak zaman dinasti Ming. Dalam budaya Cina, ayam jago konon identik dengan simbol kelancaran rejeki.

Dengan adanya gambar ayam di mangkuk ini, para pedagang seolah menyelipkan harapan agar mereka mendapatkan rejeki yang melimpah. Filosofi tersebut juga bisa dikaitkan dengan adanya pepatah yang selama ini melekat di masyarakat.

Mangkuk Ayam. foto: Good News From Indonesia

Pepatah itu adalah, kalau seseorang harus bangun pagi agar rejeki tidak dipatuk ayam. Artinya, seseorang harus bekerja dengan lebih giat kalau ingin mendapatkan rejeki yang melimpah. Ternyata, lewat mangkuk dan kuliner kita bisa mendapatkan pelajaran hidup yang berharga.

;
Loading