Sukses

Lifestyle

Tidur Mengigau, Apa yang Terjadi dalam Tubuhmu?

Fimela.com, Jakarta Kamu mungkin merasa tidur dengan nyenyak atau asyik bermimpi. Tapi, kadang kamu tidak sadar sedang berbicara sambil tidur. Ya, ini biasa dikenal dengan mengigau atau sumniloquy. Banyak orang yang mengalami hal ini, namun menganggap hal sepele saja. Meskipun begitu, ada fakta menarik di balik fenomena ini. 

Dilansir dari WebMD, mengigau ternyata salah satu tipe parasomnia, atau sebuah perilaku abnormal pada saat tidur. Hal ini ternyata sangat normal dan bukan termasuk dalam masalah kesehatan. Namun, kadang hal ini mengganggu atau membuat takut orang yang berada di dekatmu saar mengigau. 

Bagaimana tidak, kadang kata-kata yang keluar kasar dan vulgar. Menurut para ahli, orang yang mengigau akan berbicara saat tidur tak lebih dari 30 detik. Tapi, tak menutup kemungkinan seseorang bisa berbicara panjang lebar seperti bercerita atau mengobrol pada saat malam. 

Kamar hotel biasanya menggunakan seprai warna netral seperti putih dan krem. Gunakan warna ini juga untuk seprai di kamar tidur Anda.

Dilansir dari Live Science, psikolog yang konsen dengan masalah tidur, Arthur Arkin mengatakan apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh orang yang mengigau. Orang yang sedang tidur pulas, tiba-tiba mengalami 'ledakan biru' yang kemudian diikuti dengan masa tidur yang tenang. Meskipun kadang agak menyeramkan, mengejutkan, dan mengganggu, mengigau bukan penyakit atau gangguan kesehatan. 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading