Sukses

Lifestyle

Hebat, Mahasiswa Surabaya Ini Bikin Robot Pembersih Lantai

Fimela.com, Jakarta Dengan bermodalkan uang Rp 3 Juta, Mukti Ari Wibowo, mahasiswa Teknik Elektro Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, berhasil membuat robot pembersih lantai yang dinamai Mr Floor Cleanser atau Mr FC. Sebagian besar bahan robot ciptaannya merupakan hasil modifikasi dari alat-alat bekas.

Mengutip antaranews.com, Mukti berharap Mr FC hasil karyanya bisa menjadi alternatif solusi untuk meringankan perkerjaan rumah tangga, terutama membersihkan lantai, menyapu, mengepel sekaligus mengeringkannya dalam waktu bersamaan.

Robot itu, katanya, dirancang untuk dapat berjalan menyusuri lantai, bahkan di kolong-kolong meja dan kursi yang sukar dijangkau oleh tangan. Menurut Mukti, Mr. FC memiliki mode pilihan lama waktu yang diinginkan, sehingga mudah untuk dapat dikendalikan dan penggunaanya.

Robot berbaterai 12 Volt dengan mikrokontroler Arduino Mega dan sensor ultrasonik itu, menurut dia, dirancang untuk dapat bergerak otomatis dengan dua mode pilihan yaitu zig-zag dan acak.

Mukti Ari Wibowo, Bikin Robot Pembersih Lantai | foto : warta17agustus.com

“Bagi para ibu rumah tangga yang kesulitan mencari tenaga pembantu rumah tangga yang terampil dan dapat dipercaya maka Mr. FC jadi alternatif solusi untuk menjaga rumah agar tetap bersih,” jelas mahasiswa angkatan 2012 tersebut.

Cara mengoperasikan alat itu menurut dia juga sangat mudah. Pertama, atur lama waktu operasional dengan menekan tombol plus minus lalu enter dan pilih mode pergerakan dengan menekan tombol zig-zag atau acak lalu enter.

"Terakhir pilih piranti optional jika ingin melakukan pembersihan sekaligus pengepelan, tekan tombol Pel. Jika hanya ingin melakukan pembersihan dengan vaccum cleaner saja tinggal tekan tombol enter dan robot akan bergerak sesuai dengan setting," kata dia.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading