Sukses

Lifestyle

Pentingnya Mempersiapkan Dana Pensiun Sejak Awal

Fimela.com, Jakarta Masih dalam kategori produktif, membuat sebagian orang terlena. Memanjakan diri dengan menguras seluruh pendapatan yang diterima tanpa memikirkan masa setelah pensiun. Alhasil kelimpungan saat sudah tidak lagi produktif karena tidak memiliki tabungan, apalagi investasi.

Oleh sebab itu, segera buat perencanaan yang matang untuk mempersiapkan dana pensiun, meski kamu terbilang masih dalam usia muda. Pikirkan jangka panjang di mana kamu sudah tidak lagi produktif. Memang berdasar Undang-undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, pekerja berhak atas uang pensiun. Tapi apakah cukup? Apalagi nilai akan barang pastinya akan terus meningkat setiap tahunnya.

Nah, untuk mempersiapkan dana pensiun, kamu bisa melakukan strategi di bawah ini sebagaimana dilansir dari laman marketing.

Perencanaan anggaran setiap bulannya

Untuk bisa menyisihkan dana pensiun dari penghasilan yang diperoleh setiap bulannya, lakukan penghematan pada pengeluaran kamu. Hal ini bisa dimulai dari makan siang yang disiasati dengan membawa bekal dari rumah atau membeli makanan yang tidak terlalu mahal,

Ilustrasi Pensiun. Foto: www.express.co.uk

Tantang diri untuk menabung

Buat satu tabungan khusus untuk masa pensiun. Kamu bisa langsung mentransfer ke rekening tabungan kamu tersebut setiap kali menerima gaji. Untuk budget bersenang-senang, bisa kamu sisihkan setelah semua prioritas telah terpenuhi. Minimal ada 3%-10% dari penghasilan yang bisa kamu tabung tiap bulannya untuk persiapan dana pensiun.

Investasi

Dengan berinvestasi kamu bisa mendapatkan penghasilan pasif. Menyisihkan sebagian pendapatan untuk berinvestasi menjadi pilihan terbaik yang bisa kamu lakukan sejak sekarang.

(Ilustrasi) Uang pensiun | via: money.howstuffworks.com

Daftar asuransi

Siapa bilang dana pensiun hanya berasal dari tabungan. Untuk membekali dan memproteksi diri ketika mulai memasuki masa pensiun perlu juga pembekalan diri dengan mendaftar asuransi. kamu tidak tahu penyakit apa yang bisa menyerang di masa tua.

Lunasi semua Hutang

Supaya perencanaan dana pensiun lebih matang dan kamu bisa menikmati waktu pensiun dengan tenang, sebaiknya segera lunasi semua utang-utang yang ada.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading