Sukses

Lifestyle

Kurangi Risiko Sakit Paru-Paru dengan Apel dan Sayuran Hijau

Fimela.com, Jakarta Berbagai penyakit bisa kita cegah atau kurangi risikonya dengan cara yang mudah dan murah. Salah satunya dengan cara mengonsumsi makanan sehat. Konsumsi lima porsi atau lebih buah-buahan seperti apel, pir dan sayuran berdaun hijau per hari secara signifikan bisa menurunkan risiko munculnya penyakit paru-paru kronis.

Seperti dilansir dari antaranews, hal itu ditulis dalam sebuah studi di jurnal Thorax. Dalam studi itu, para peneliti mencatat data kesehatan pernafasan pada lebih dari 44.000 pria Swedia yang lahir tahun 1918-1952 saat mereka berusia 45-79 tahun.

Sayuran hijau. (via: klcbs.net)

Hasil penelitian memperlihatkan kalau mereka yang makan lima porsi atau lebih buah dan sayuran setiap hari, 40 persen dan 34 persen lebih kecil kemungkinannya mengalami COPD. Itu adalah kondisi pernapasan di mana saluran udara menyempit, yang meliputi bronkitis dan emphysema.

Setiap porsi tambahan berkaitan dengan empat persen risiko lebih rendah terkena COPD untuk mereka yang sudah berhenti merokok.

Sayuran, terutama sayuran hijau sangat baik untuk pencernaanmu. Sehingga kamu akan tetap kuat berpuasa | via: necturajuice.com

Peradangan dan tekanan pada jaringan oksidatif jadi penyebab munculnya COPD, dan merokok jadi pemicu yang ampuh untuk proses ini. Menurut para peneliti, kandungan antioksidan berlimpah dalam buah dan sayuran bisa mengurangi radang dan tekanan terebut.

Peneliti mengatakan selain apel, pir, sayuran berdaun hijau serta paprika, belum ada buah-buahan dan sayuran lain yang juga mampu menurunan resiko terkena COPD yang menyerang paru-paru.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading