Sukses

Lifestyle

Fakta Menarik Wasabi, Kuliner dari Jepang

Fimela.com, Jakarta Kamu yang sering menyantap menu atau makanan Jepang, pasti tahu wasabi. Sajian wasabi berbentuk pasta berwarna kehijauan dan pasti selalu ada saat kamu memesan sushi.

Washabi dan sushi memang jadii perpaduan yang pas karena rasa pedas wasabi yang unik. Apa yang membuat wasabi terasa unik dan beda? Menurut laman qraved, ada sejumlah fakta unik dan menarik tentang wasabi yang mungkin belum kamu tahu.

Wasabi bagian dari Kubis

Wasabi punya nama Wasabica Japonica dan ternyata merupakan tumbuhan yang termasuk kedalam famili Brassicaceae. Tanaman ini masih satu rumpun dengan kubis dan juga lobak.

Wasabi. foto: qraved

Wasabi sulit tumbuh

Tanaman asli Jepang ini termasuk yang sulit sekali tumbuh, karena wasabi membutuhkan suhu 40-70 derajat celsius. Meski begitu mereka tidak bisa terpapar matahari secara langsung. Itu sebabnya tanaman wasabi sulit untuk dibudidayakan secara massal.

Banyak Wasabi palsu

Sulitnya pengembangbiakan tumbuhan ini membuat harga wasabi jadi sangat tinggi. Karena itu, wasabi terkadang diolah bukan dari tanaman wabica japonica, melainkan dari lobak, mustar tiongkok dan dicampur pewarna makanan. Di luar Jepang, wasabi asli hanya dijual di restoran Jepang otentik. Jadi, hati-hati jangan sampai makan wasabi palsu.

4 jenis sushi ini sanggup bikin kamu seketika ngidam!

Wasabi bisa tingkatkan energi

Wasabi juga termasuk tumbuhan yang punya banyak kandungan kalsium dan vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu, rasa dari wasabi yang pedas bisa meningkatkan energi dalam tubuh kamu. Memang tidak besar sih, tapi menurut Dr Joseph Mercola, tubuh kamu tetap menyimpan energi yang cukup hanya dengan sebongkah kecil wasabi.

Rasa Wasabi cepat hilang

Ternyata, rasa pedas wasabi asli itu akan cepat hilang saat dibiarkan di udara terbuka. Karena itu, chef di Jepang biasanya mengoleskan wasabi di antara ikan dan nasi supaya rasanya tetap tajam dan pedas.

Ada alasan kuat orang Jepang memang tak pernah lupa makan sashimi dengan wasabi.

Wasabi bisa menangkal racun

Kandungan zat antiseptik dan sifat antimikroba pada wasabi membuatnya bisa menangkal racun dari tubuh. Hal ini membuat wasabi di Jepang sering digunakan sebagai pengobatan tradisional.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading