Sukses

Lifestyle

Dari Labuan Bajo Hingga Maumere, Ini Tips Overland Flores

Fimela.com, Jakarta Selain Sumba, Flores juga merupakan destinasi road trip yang seru di Nusa Tenggara Timur. Dengan mulai menyeruaknya nama-nama yang semula asing, pulau di utara Kupang ini pun menggelitik penasaran banyak pelancong untuk singgah dan membelah pesonanya, dari Labuan Bajo hingga ke ujung Maumere. Bila kamu salah satu yang berniat demikian, sebaiknya ketahui dulu sejumlah tips menurut Skyscanner berikut.

Pintu masuk. Setidaknya terdapat tiga pintu masuk Flores, yaitu Labuan Bajo, Ende dan Maumere. Mengingat popularitas, harga tiket ke Labuan Bajo biasanya lebih mahal ketimbang Ende atau Maumere. Karenanya, perhitungan dari kombinasi tiga tempat tersebut semestinya diperitungkan.

Waktu kunjungan. Secara umum, Flores bisa dikunjungi sepanjang tahun, kecuali area Taman Nasional Komodo yang bergantung pada kondisi laut dan ombak. Namun beberapa orang mengatakan, bulan Juni dan Juli adalah waktu terbaik, lantaran cuaca cenderung tak hujan, serta ombak relatif tenang.

Danau Kelimutu, Flores, Nusa Tenggara Timur. (komodotour.co.id)

Budgeting. Dalam traveling, budgeting bisa dibilang sangat bergantung. Ya, faktor ini terkait periode perjalanan dan selera, kebiasaan, serta standar kenyamanan masing-masing individu. Sebagai gambaran, biaya sewa kapal untuk live on board ke Taman Nasional Komodo, paling murah, per kapal dengan kapasitas 10 orang sekitar Rp2,5 sampai Rp3 juta.

Biaya transportasi lokal antar kota, jika naik travel, berkisar antara Rp50 hingga Rp150 ribu. Jika ingin sewa mobil, harganya dibanderol mulai dari Rp600 ribu per hari (termasuk bensin dan supir). Namun jika Anda menyewa dengan rute jauh, Labuan Bajo-Ende/Maumere atau sebaliknya, biasanya akan ada biaya sewa tambahan sebesar 1 hari (untuk empty run).

Keindahan tak berbatas cakrawala di Taman Laut 17 Pulau Riung.

Biaya sewa kapal untuk snorkeling dan island hopping di Taman Wisata Alam Laut Riung 17 Pulau sebesar Rp400 ribu untuk kapasitas 8 orang (termasuk makan siang namun tidak biaya sewa alat snorkeling). Jika tak membawa kendaraan, dari Moni menuju Gunung Kelimutu, maka biaya untuk ojeg adalah Rp75 ribu PP, sedangkan mobil Rp300 ribu PP.

Soal penginapan, harganya cukup bervariasi, yakni mulai dari Rp80 ribu per malam. Namun amannya, kamu menyiapkan budget penginapa setidaknya Rp150 ribu per malam. Nah, tinggal siapkan perjalananmu membelah eksotisme Flores, meski tiada akhir!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading