Sukses

Lifestyle

Benarkah Biji Jambu Klutuk Sebabkan Usus Buntu?

Fimela.com, Jakarta Kamu mungkin kerap mendengar, kalau memakan jambu biji, jangan sampai bijinya tertelan. Karena, biji jambu klutuk yang masuk ke dalam tubuh akan menyebabkan usus buntu atau peradangan usus. Saking seringnya diberitahu soal hal ini, sebagian orang benar-benar percaya. 

Padahal, biji jambu klutuk ini ukurannya sangat kecil. Dan, kalau pun tertelan dan masuk ke dalam tubuh, biji tersebut akan hancur oleh enzim yang ada pada sistem pencernaan. Sehingga, biji jambu seharusnya tak menyebabkan usus buntu atau peradangan usus. 

 

Dilansir dari Klik Dokter, penyebab seseorang menderita usus buntu karena adanya penyumbatan pada usus buntu. Sehingga terjadi peradangan dan infeksi. Sumbatan ini biasanya disebabkan fesesmu yang tertahan. Feses yang tersumbat itu akan mengunddang bankteri. Sehingga terjadilah infeksi pada usus buntu. 

Usus buntu. (foto: WebMD)

Rasa sakit pada perut sebagai pertanda kalau kamu menderita usus buntu ternyata bukan satu-satunya gejala. Ada beberapa gejala lain seperti mual dan muntah, kurangnya nafsu makan, demam, susah BAB atau malah diare, dan juga perut begah. Sebelum tambah sakit dan menjadi fatal, segeralah periksa ke dokter dan mendapatkan tindakan yang tepat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading