Sukses

Lifestyle

Benarkah Masuk UI Tidak Boleh Buta Warna?

Fimela.com, Jakarta Universitas Indonesia (UI) termasuk kampus favorit pilihan calon mahasiswa di Indonesia. Maklum UI termasuk tiga kampus terbaik di Indonesia. Namun bisa dibilang amat sulit menembus UI.

Sebagai Perguruan Tinggi Negeri, UI memiliki beberapa jalur masuk, yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Masuk UI (SIMAK UI).

Dari berbagai pintu masuk UI itu, masing-masing seleksi memiliki kategori penilaian sesuai program studi yang diinginkan calon mahasiswa, yang kesemuanya adalah bersifat nilai akademik.

Nah, selain nilai akademik dan prestasi lain, katanya masuk UI juga ada persyaratan khusus, salah satunya tidak boleh buta warna, benar nggak, sih?

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo saat memberikan Kuliah Terbuka dihadapan 7.309 Mahasiswa Baru (Maba) di Aula Baliurang, Kampus Universitas Indonesia Depok.

Buta warna adalah suatu kelainan mata yang diakibatkan oleh ketidakmampuan sel-sel kerucut mata untuk menangkap spektrum warna tertentu yang disebabkan faktor genetis. Buta warna mengacu pada kondisi seseorang yang tidak bisa membedakan gradasi warna satu dengan yang lainnya. Buta warna biasanya dibagi jadi dua, buta warna total dan buta warna sebagian.

Memang di UI mewajibkan calon mahasiswanya tidak buta warna. Akan tetapi, ada juga lho program studi yang membolehkan mahasiswanya buta warna.

Rata-rata program studi yang nggak membolehkan mahasiswanya buta warna itu adalah program studi teknik. Program studi seperti Arsitektur, Arsitektur Interior, Matematika, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Komputer, Teknik Lingkungan, Teknik Mesin, Teknik Metalurgi dan Material, Teknik Perkapalan, Teknik Sipil, dan Teknik Bioproses, merupakan program-program studi yang tidak membolehkan mahasiswanya buta warna total, tapi boleh buta warna sebagian.

Universitas Indonesia | foto : AA School

Sementara, program studi sosial dan humaniora tidak ada larangan kok buat para mahasiswa yang memiliki kelainan buta warna. Soalnya, prodi-prodi itu tidak berkaitan langsung dengan profesi-profesi yang membutuhkan pegawainya agar tidak buta warna, antara lain dokter, apoteker, tentara, polisi, ahli kimia, ahli IT, desainer, petugas kepabeanan, dan segala jenis pekerjaan yang membutuhkan unsur warna.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Buta warna merupakan kondisi ketika seseorang masih bisa melihat warna, namun tidak mampu membedakan warna-warna tersebut.

    Buta Warna

  • UI

Loading