Sukses

Lifestyle

Ingin Kurangi Stres? Jangan Merenung!

Fimela.com, Jakarta Apakah permasalahan dan pekerjaan membuat kamu Stres? Jangan sampai diabaikan. Sebab, Stres sangat berpengaruh terhadap kesehatan, baik itu kesehatan fisik maupun mental.Maka dari itu stres harus segera ditanggulangi.

Seorang peneliti dari Inggris memiliki cara mengurangi stres yang terbilang cukup sederhana, yakni dengan menganjurkan agar jangan terlalu banyak merenung. Kebiasaan ini terbukti meningkatkan kesehatan mental seseorang.

Dilansir dari CNN, professor Roger Hagen dari the Norwegian University of Science and Technology mengatakan jika pendekatan seperti itu memiliki tingkat keberhasilan tinggi dalam terapi yang disebut meta-cognitive therapy (MCT).

Metode seperti ini dekat dengan teknik melatih pikiran. Teknik seperti ini mendorong pasien membebaskan semua pemikiran yang masuk dalam pikiran mereka tanpa berlama-lama fokus pada pemikiran-pemikiran yang masuk itu.

Sakit Kepala Akibat Stres

Eksperimentasi dilakukan pada 39 orang yang menderita depresi yang dibagi dalam dua kelompok. Yang satu, menjalani terapi MCT. Sementara, grup yang lain sama sekali tidak mendapat perawatan selama 10 minggu.

Enam bulan setelah percobaan, tim peneliti melaporkan jika 80 persen dari grup MCT telah menerima kesembuhan total dari diagnosa depresi mereka.

Meringankan Stres

“Kemungkinan kambuhnya pun semakin rendah. Hanya beberapa persen saja,” ujar Professor Hagen.

Ia menambahkan jika individu depresi tidak perlu kuatir dan terlalu sering merenung atau menerawang. Mereka hanya harus menyadari jika berhenti merenung adalah tindakan yang membebaskan pikiran.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading