Sukses

Lifestyle

3 Hal Ini Terjadi Kalau Tak Bersihkan Lidahmu

Fimela.com, Jakarta Gigi, meskipun terdengar sepele, merupakan salah satu bagian pada dirimu yang paling krusial. Saraf gigi juga sangat dekat dengan saraf-saraf lainnya. Sehingga, bukan hal yang tidak mungkin kalau ada orang yang buta setelah cabut gigi. Tapi, selain gigi, kesehatan lidah juga ternyata sama pentingnya. 

Lidah yang bertugas sebagai indra perasa juga bisa menimbulkan beberapa masalah kesehatan jika tidak dibersihkan. Kamu mungkin pernah melihat stick berbentuk pipih untuk membunuh kuman pada lidah, kan? Nah, itu digunakan untuk membuang bakteri jahat pada lidahmu. Kalau tidak kamu lakukan paling tidak seminggu 2-3 kali, berikut gangguan kesehatan yang bisa terjadi. 

1. Tentu saja bau mulut yang tak sedap akan tercium. Dilansir dari Women's Health, hal ini terjadi karena bakteri menganggap lidahmu sebagai rumah. 

Menyikat gigi saja tidak cukup tanpa membersihkan area lidah. Sebab, bila lidah tidak dibersihkan dapat menyebabkan beberapa infeksi.

2. Ternyata, lidahmu juga tak akan sensitif terhadap rasa. Karena, saraf-saraf perasa pada lidah tertutup oleh bakteri. Karena itu, mungkin, kamu agak sedikit kebal pada rasa yang ringan atau mirip dengan rasa yang lain. 

Lidah Mencerminkan Kondisi Kesehatan Anda

3. Pernah melihat lidah yang agak gelap? Ternyata warna tersebut merupakan sisa-sa kotoran yang berwarna hitam. Rambut ini tumbuh karena papilae (indra pengecap yang ada pada lidah) tertutup oleh sisa makanan dan juga bakteri. Sehingga meninggalkan warna hitam pada permukaan lidah. Meskipun tak begitu berbahaya, tapi tetap saja bisa menyebabkan bau mulut. Warna ini akan hilang kalau kamu membersihkannya dengan pembersih khusus lidah. 

Loading