Sukses

Lifestyle

Saridjah Niung Bernyanyi Hiasi Google Doodle, Siapa Dia?

Fimela.com, Jakarta Saridjah Niung berulang tahun ke-109, Google menampilkan sosoknya yang tengah bernyanyi dalam sebuah Doodle, Minggu (26/3). Siapakah dia? Penggunaan nama Saridjah Niung mungkin akan membuat kening sebagian orang mengerut lantaran mendengar bunyi tak familiar, namun bagaimana bila Ibu Soed yang disebutkan?

Gumam 'oh' sekiranya minimal akan mengiringi pengucapan tersebut. Seperti diketahui, istri Raden Bintang Soedidjo ini adalah seorang seniman batik, pemusik, guru musik, juga pencipta lagu anak-anak, di mana karenanya ia dikenal luas oleh publik.

Saridjah Niung atau Ibu Soed. (doyan_ngopii/Instagram)

Berkibarlah Benderaku, Hai Becak, Burung Kutilang dan Tik-Tik Bunyi Hujan adalah beberapa lagu ciptaan Ibu Soed yang masih akrab di telinga hingga kini. Sebagaimana dimuat Liputan6.com, kecintaan Ibu Soed pada musik bermula ketika ia mempelajari biola dari sang ayah angkat, Prof. Dr. Mr. J.F. Kramer.

Selepasnya, Saridjah bersekolah di Hoogere Kweek School guna mendalami bidang seni suara dan musik. Ia kemudian mengajar di Sekolah Hindia Belanda (HIS). Saat itu, Saridjah prihatin melihat anak-anak Indonesia yang nampak kurang gembira. Inilah yang menginspirasinya menciptakan lagu-lagu ceria.

Saridjah Niung atau Ibu Soed. (izaybiografi.com)

Selain menghasilkan lagu, Saridjah Niung atau Ibu Soed juga diketahui mengajar anak-anak bernyanyi dalam Bahasa Indonesia. Ia pun pernah menulis naskah sandiwara dan mementaskannya. Perempuan kelahiran Sukabumi, 26 Maret 1908 ini meninggal pada 1993 di usia 85 tahun. 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading