Sukses

Lifestyle

Misteri Sejarah April Mop

Fimela.com, Jakarta Mengerjai satu sama lain sekiranya jadi kesan paling familiar bila berbicara tentang April Mop. Tak ada tampikan, perayaan yang satu ini memang sudah sangat akrab di ranah publik. Namun demikian, siapa sangka sejarah April Mop masih saja jadi keping misteri tak pecahkan.

Terdapat banyak, begitu banyak, teori bagaimana peringatan di setiap awal bulan keempat ini bermula. Tapi tak ada satu pun yang dipatenkan sebagai asal usul April Mop. Dari mulai negara sekelas Inggris, sampai India, semua punya catatan sendiri tentang latar belakang perayaan yang juga disebut April Fools' Day tersebut.

Misteri sejarah April Mop. (Liputan6.com)

Dari sekian banyak rumor, kaitan April Mop dengan sejarah mitologi Norwegia jadi satu yang paling jarang terdengar. Sebagaimana dimuat Time.com, sebagian orang percaya April Mop merupakan perayaan untuk menghormati dewa perusak dan kekacauan Norwegia, Loki, yakni dengan saling menjaili, berbohong atau melempar lelucon hingga tengah hari, tanpa harus merasa bersalah atau dipersalahkan.

Sementara teori paling terkenal menyebutkan, April Mop bermula saat Perancis berganti perhitungan tanggal dari Julian ke Gregorian di tahun 1528 yang menyebabkan perayaan Tahun Baru bergeser dari 1 April ke 1 Januari. Kala itu, sejumlah orang masih merayakan Tahun Baru pada 1 April, lantaran mereka belum mendengar pengumuman perubahan kalender.

Misteri sejarah April Mop. (Liputan6.com)

Seperti dimuat metro.co.uk, pihak yang sudah tahu kemudian menertawakan dan mengerjai dengan menempelkan kertas bertuliskan Poisson d'Avril di punggung orang-orang yang merayakan Tahun Baru pada awal April. Bagaimanapun, hingga kini sejarah April Mop belum juga jelas titiknya.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading