Sukses

Lifestyle

Pertamina Terus Upayakan BBM Satu Harga di Indonesia

Fimela.com, Jakarta Janji pemerintahan Presiden Jokowi agar Bahan Bakar Minyak (BBM) satu harga bisa terwujud di Indonesia bukan sekedar wacana. Hal itu masih terus diusahakan terutama melalui PT Pertamina (Persero). Karena itu, pihak Pertamina pun  menuntut pemerintah daerah menyediakan infrastruktur untuk mendorong penerapan BBM satu harga di seluruh wilayah Indonesia.

Kalau iinfrastruktur sudah tersedia dengan lengkap, maka penyaluran BBM akan lebih mudah. Senior Vice President Fuel Marketing and Distribution Pertamina Gigih Wahyu Irianto mengatakan, untuk menyalurkan BBM bersubsidi dan penugasan ke seluruh pelosok negeri, agar harganya sama dengan yang ditetapkan pemerintah, Pertamina mengalami kendala ketersediaan infrastruktur.

Papan petunjuk BBM yang berada di SPBU, Jakarta, Kamis (5/1). Penetapan harga BBM Umum jenis Pertamax, Pertamax Plus, Pertamax Turbo, Pertamina Dex, Dexlite dan Pertalite merupakan kebijakan korporasi Pertamina. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

"Untuk menjalankan program BBM satu harga banyak tantangannya, terutama infrastruktur," ucap Gigih, di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Selasa (4/4/2017). Menurut Gigih, ‎Pertamina membutuhkan dukungan pemerintah daerah (Pemda) untuk menerapkan kebijakan BBM satu harga.

Diantaranya dengan membangun infrastruktur yang menunjang pengiriman BBM, seperti jalan, jembatan dan dermaga. Pemda dinilai punya peran penting dalam rencana ini. Kalau infrastruktur sudah tersedia dan harga BBM bersubsidi atau penugasan telah sama seperti yang ditetapkan pemerintah, maka akan menggerakan perekonomian dan mendorong pertumbuhan daerah.

"Ini kan jadi efek berganda bagi wilayahnya. Apapun kalau pemerintah bisa mempercepat infrasturktur yang ada," terang Gigih. Untuk melaksanakan program tersebut, Pertamina merencanakan pembangunan lembaga penyalur secara bertahap dalam tiga tahun, sebanyak 150 lembaga penyalur.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan 3 proyek infrastruktur Pembangkit Listrik Tenaga Panas bumi (PLTP) yang dibangun PT Pertamina (Persero). (Liputan6.com/Pebrianto Eko Wicaksono)

Dalam kesempatan itu, pihak Pertamina juga mengungkapkan sudah mengantisipasi pasokan BBM menjelang bulan puasa dan lebara terutama saat musim mudik 2017.  Menurut Vice President Retail Fuel Marketing Pertamina Afandi ‎, konsumsi sejumlah BBM akan mengalami kenaikan pada musim mudik nanti, seperti premium dari kondisi normal 38 ribu kilo liter (KL) per hari menjadi 50 ribu KL per hari.

Konsumsi Pertamax dari kondisi normal sekitar 17 ribu per KL naik menjadi sekitar 19 ribu KL per hari. Sedangkan Pertalite dari 39 ribu KL per hari naik menjadi 45 ribu KL per hari. "Ini prediksi sekarang dengan situasi jalan tol bertambah mungkin akan berbeda lagi. Jadi kami memprediksi yang kondisi moderat," tukas Afandi.

Petugas mengisi BBM pada sebuah mobil di salah satu SPBU, Jakarta, Selasa (1/3). Pertamina menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) umum Pertamax, Pertamax Plus, Pertamina Dex, dan Pertalite Rp 200 per liter. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pertamina akan menambah persediaan stok BBM dan jumlah mobil tangki untuk menyalurkan BBM ke stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Selain itu, mereka juga akan menyiapkan kantung-kantung BBM, berupa mobil tangki‎ yang disiagakan ‎dekat SPBU. Hal ini untuk mempercepat pasokan BBM ke SPBU untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas yang bisa menghambat pasokan BBM.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading