Sukses

Lifestyle

Mama Muda, Yuk Siapkan Hal Ini Sebelum Bulan Ramadan Tiba

Fimela.com, Jakarta Bulan Ramadan sebentar lagi, selain menyiapkan diri untuk beribadah ada baiknya para ibu muda juga menyiapkan hal lain, salah satunya persiapan keuangan. Memang bulan Ramadhan baru akan tiba di bulan Mei 2017 nanti, tapi tak ada salahnya jika mempersiapkan berbagai keperluannya mulai dari sekarang, bukan?

Bukan tanpa alasan, harga bahan-bahan pokok yang kian melejit di bulan Ramadan, memang harus disiasati dengan pintar. Terlebih bagi para mama muda yang baru memasuki awal tahun pernikahan.

Melansir laman Liputan6.com, pada bulan Ramadan tahun 2016 lalu, harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan yang cukup tiggi. Salah satunya harga daging sapi yang mengalami kenaikan harga sebesar Rp5.000 - Rp10.000 per kg satu minggu sebelum lebaran. Bahkan harga jengkol mengalami kenaikan drastis, hingga mengalahkan harga dua ekor ayam.

Ilustrasi mama muda. (Andy Masela/bintang.com)

Nah, itu cuma segelintir bahan makanan lho. Biar nggak kaget dan pusing dengan lonjakan harga di bulan Ramadhan, yuk siapkan hal-hal berikut ini.

1. Bikin daftar menu Ramadan. Kalau makan makanan yang itu-itu aja pasti bosan dong. Agar tak bosan lebih baik dibuat daftar menunya dari sekarang, selain biar nggak bosan, kamu juga bisa memperkirakan uang belanja di bulan Ramadan.

Ini yang Harus Disiapkan Mama Muda Sebelum Ramadan

2. Beli perlengkapan makeup sejak jauh hari. Mungkin keliatan sepele, tapi ini harus disiapkan ya. Biasanya di bulan Ramadan orang akan berbondong-bondong belanja berbagai kebutuhan termasuk peralatan makeup. Kalau kamu sampai kehabisan, kamu pasti akan kerepotan, karena biasanya stok barang di supermarket baru akan diperbarui setelah lebaran. Jangan sampai kamu nggak tampil maksimal ya di hari Lebaran.

Ilustrasi mama muda. (Instagram/ayutingting92)

3. Jangan lupa anggaran kue lebaran. Ini menjadi hal wajib. Kue nastar, putri salju, cornflakes, lidah kucing, choco chips, kue semprit, serta kue-kue dalam kemasan menjadi hal yang tak boleh ketinggalan disajikan di hari Lebaran. Apalagi buat ibu-ibu yang ingin membuat kuenya sendiri, siapkan juga peralatannya ya!

4. Kontrol uang jajan. Sebagai seorang ibu selain merawat keluarga, kamu wajib mengontrol keuangan. Berbagai jenis jajanan di bulan Ramadan pasti akan menggoda kamu setelah setelah seharian puasa. Itu membobol kantongmu! Jadi jangan lupa ngerem jajan ya.

Ilustrasi mama muda. (Instagram/raffinagita1717)

5. Tidur yang cukup. Ini adalah bagian yang tak bisa disepelekan. Pastikan kamu mendapatkan waktu tidur yang cukup, karena kamu akan menjadi orang pertama yang bangun sahur dan memasak hidangan sahur untuk anggota keluargamu. Tapi biar lebih asyik, kamu bisa ajak suamimu untuk menyiapkan makan sahur bersama ya, berasa romantisnya!

Nah, itu dia beberapa hal yang harus mama muda siapkan sebelum Ramadan. Jangan lupa jaga kesehatan diri sendiri ya, ditengah kesibukan mengurus keluarga.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading