Sukses

Lifestyle

Kenapa Cewek Bisa Telat Datang Bulan?

Fimela.com, Jakarta Ada banyak hal yang membuat cewek berpikir keras, berusaha menemukan jawaban yang nggak kunjung ditemukan. Selain masalah percintaan, mesntruasi juga menjadi salah satu masalah yang sering banget dikeluhkan cewek. Bukan cuma rasa sakitnya saja, tapi juga soal keteraturan. Cewek kadang gelisah banget kalau terlambat datang haid. 

Terlambatnya datang bulan memang identik dengan tanda utama kehamilan. Tapi, kalau kamu belum menikah dan nggak aktif melakukan hubungan seksual, kenapa, ya haidmu masih saja terlambat beberapa hari, atau bahkan sampai satu bulan?

Dilansir dari Women's Health Magazine, ada dua hal utama yang menyebabkan kamu nggak lancar haidnya. Pertama, berbagai penyakit yang berhubungan dengan alat reproduksimu dan juga hormon. Seperti kelenjar tiroid yang nggak normal atau teratur.

Cari tahu di sini, kenapa kamu suka sakit perut setiap kali datang bulan. (Foto: qsota.com)

Kelenjar tiroid yang ada di lehermu itu ternyata mengatur metabolisme tubuhmu. Kelenjar ini juga berhubungan dengan berbagai sistem dalam tubuh, termasuk sistem reproduksi. Jadi, kalau kamu punya masalah pada kelenjar tiroid, mungkin saja keteraturan menstruasi terganggu. Selain gangguan ini, juga ada yang disebabkan karena ketidakseimbangan hormon. 

Ini disebut dengan Polycystic Ovary Symptom (POS). POS disebabkan karena kurangnya ovulasi, yang akhirnya mengubah tingkat estrogen, progesteron, dan testosteron. Tapi, kamu nggak perlu panik. Soalnya, nggak semua cewek yang haidnya nggak teratur memiliki gangguan kesehatan. Haid yang nggak lancar bisa juga dikarenakan aktivitas yang berlebihan, seperti terlalu berat olahraga. 

Jangan sampai nggak tahu, ini 5 hal yang terjadi saat tubuh menstruasi. (Via: paleoforwomen.com)

Atau juga bisa disebabkan karena kecapekan dan juga stres. Cewek-cewek yang mengalami masalah berat, contohnya putus cinta, kehilangan orang yang disayang, kehilangan pekerjaan, dan hal lain yang bikin mereka terguncang, cenderung mengalami telah haid atau bahkan nggak 'dapat' selama satu bulan lebih. Jadi, sebaiknya kamu perhatikan pola hidupmu. Catat juga seberapa lama haidmu telat dan sesering apa. 

Makanan Perlancar Haid

Sebenarnya, ada banyak cara untuk membuat haidmu lancar kembali. Pertama, kamu mungkin pernah menderngar jamu untuk terlambat datang bulan. Jamu ini sebenarnya berasal dari rempah-rempah yang membantu memperbaiki metabolisme tubuh dan menyeimbangkan hormonmu. Tapi sebelum meminum jamu, pastikan jamu yang kamu minum itu asli dan nggak mengandung bahan kimia yang berbahaya. 

Selain itu, dilansir dari Ruby Cup, ada dua cara alami supaya haidmu nggak terlambat lagi. Pertama, istirahat yang cukup. Kamu memang membutuhkan olahraga yang teratur. Tapi jangan sampai kamu malah jadi kecanduan. Kedua, kamu harus makan makanan bergizi. Hormon yang nggak seimbang juga bisa dipengaruhi karena kekurangan vitamin dan asupan gizi. 

Sayur-Sayuran. foto: tendertouchmobilelabs.com

Live Strong menulis, ada beberapa makanan yang bisa membantu memperlancar haid. Pertama, buah-buahan dan juga sayur-sayuran. Terutama yang hijau dan mengandung zat besi. Selain itu, kamu yang haidnya suka telat lebih baik makan ikan yang berminyak, seperti salmon, makarel, yang mengandung banyak protein dan lemak baik. Protein dan lemak bisa membuat haid menjadi kembali lancar dengan cara menyeimbangkan hormon dalam tubuhmu. 

Jangan dikira, serat cuma buat cewek-cewek yang ingin kurus dan langsing. Serat dan juga flaxseeds, mengandung Omega-3 dan lignan yang membantu memperbaiki dan menyeimbangkan hormon termasuk estrogen. Serat bukan cuma berasal dari sayur-sayuran dan rumput laut, lho. Tapi juga didapat dari kacang-kacangan. 

Salmon. | via: gracefullplate.com

Tapi ingat, makanan sehat di atas juga harus kamu buat dan masak dengan cara yang sehat. Kalau salmon kamu goreng dengan minyak biasa, bakal jadi percuma. Kalau sayur-sayuran kamu tumis dengan banyak minyak juga bakal jadi sama saja. Jadi, pastikan kamu memasak makanan sehat dengan cara yang sehat ya. Kurangi konsumsi garam dan gula berlebihan. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading