Sukses

Lifestyle

Benarkah Sikat Gigi Bisa Hilangkan Bau Mulut?

Fimela.com, Jakarta Sejak kecil, kamu pasti diajari untuk menyikat gigi dua kali sehari. Pada saat itu, kamu mungkin berpikir sikat gigi hanya untuk membersihkan kotoran dan sisa makanan yang terselip di gigi. Tapi, beranjak dewasa, kamu sering merasa nggak nyaman dengan orang-orang yang bau mulut. Selain memberikan mereka permen karena nggak berani memberitahu mereka terang-terangan, kamu juga kadang ikut nimbrung bisik-bisik dengan teman lainnya. 

Kamu mungkin sering mendengar celetukan, orang yang bau mulut nggak suka sikat gigi. Baik jarang, bolong-bolong, atau bahkan nggak pernah sama sekali. Tapi, ternyata girls, ada juga beberapa orang yang sudah rajin menyikat gigi, tapi masih saja napasnya bau. Jadi, benarkah sikat gigi nggak bakal bisa menghilangkan bau mulut? 

Dilansir dari Oxy Fresh, bau mulut disebut dengan halitosis. Halitosis disebabkan karena bakteria yang ada di mulut mengeluarkan bau yang seperti sulfur. Sebagian besar orang yang nggak membersihkan dan merawat gigi dan mulutnya dengan baik, memang bakalan mengalami hal ini. Tapi, ternyata ada banyak penelitian yang menunjukkan, kalau sebenarnya ada beberapa makanan dan minuman yang berhubungan dengan kesehatan. 

Bau Mulut | via: rogyamasthu.com

Artinya, makanan dan minuman tertentu bisa memengaruhi produksi bakteria di mulut. Salah satu minuman yang bisa membuat bakteria berkembang biak di mulut adalah kopi. Karena residu zatnya, selain bikin gigi kuning, juga menempel pada lapisan gigi, gusi, dan dinding-dinding mulut. 

Selain makanan dan minuman, ternyata gangguan kesehatan juga bisa menimbulkan bau mulut, lho! Seperti penyakit batu disfungsi kantung empedu, penyakit liver, diebetes, infeksi sinusitis dan lainnya. Penyakit-penyakit ini ternyata juga menjadi penyebab bau mulut. Banyak penyebabnya. Tapi intinya, penyakit ini membuat kondisi pada tubuh, termasuk mulut, menjadi 'rumah' yang disenangi bakteria. 

Bau Mulut | via: homeremediesweb.com

Buat kamu yang nggak pernah mengalami masalah bau mulut usai membersihkan dan menyikat gigi, mungkin tak akan menjadi masalah. Tapi, buat orang-orang yang memiliki masalah sulitnya mengobati bau mulut, sepertinya harus diperiksakan ke dokter gigi. Oxy Fresh menulis, sisa makanan yang menempel pada lidah ternyata juga bisa memicu bau mulut. 

Untuk itu, kamu memang diharuskan menggunakan tongue scraper tool. Fungsinya seperti sapu yang mengangkat sisa-sisa makanan yang menempel pada lidah. Selain itu, jangan lupa juga untuk memakan makanan yang bisa membunuh bakteria jahat, seperti yogurt, sayur-sayuran, serta buah-buahan. Jangan lupa untuk rutin ke dokter gigi untuk membuang karang gigi yang membandel setiap enam bulan sekali. Oh, jangan lupa untuk sikat gigi dua kali sehari. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading