Sukses

Lifestyle

Heboh Kasus Penyanderaan di Angkot, Jaga Dirimu dengan Cara Ini

Fimela.com, Jakarta Pada hari Sabtu (9/4/2017) malam, terjadi aksi penyanderaan terhadap seorang ibu yang membawa anaknya dalam angkutan umum KWK T25 jurusan Rawamangun - Pulo Gadung. Aksi penyanderaan yang terjadi di depan Bioskop Buaran, Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur itu pun tengah ramai menjadi buah bibir di media sosial, mengingat sang pelaku sempat mengancam akan membunuh korbannya tersebut.

Aksi penyanderaan itu berawal saat pelaku yang diketahui bernama Hermawan, menodong dua orang ibu-ibu yang salah satunya membawa anak. Saat itu Hermawan meminta korbannya untuk memberikan seluruh barang berharganya. Melansir Liputan6.com, ditengah aksinya tersebut, salah satu korban berinisial I berteriak hingga menarik perhatian warga sekitar.

Hati-hati ya girls saat menggunakan transportasi umum. (via. Pinterest)

Hermawan yang merasa panik pun kemudian menyandera seorang ibu berinisial RO bersama anaknya DIH yang kini tengah mendapat perawatan karena luka dipunggungnya. Saat penyanderaan tersebut berlangsung, angkot yang dinaiki Hermawan dan korbannya pun dikerubungi warga, yang mencoba membantu menyelamatkan sang korban yang diancam sengan sebilah pisau di lehernya.

Namun upaya tersebut tak berhasil, Hermawan yang menaruh pisau dileher korbannya itu justru mengancam akan membunuh ibu dan anak yang disanderanya, jika warga tak menyingkir dan angkot yang dinaikinya tak membawanya pergi.

Hati-hati ya girls saat menggunakan transportasi umum. (via. Business Insider)

Beruntung, kejadian menegangkan tersebut dapat diatasi setelah Aiptu Sunaryanto datang untuk membantu menyelamatkan korban. Sunaryanto pun melakukan negosiasi, namun nihil. Hingga akhirnya ia memutuskan untuk melepuhkan pelaku penyanderaan dengan menembakkan timah panas di lengan kanannya. "Saya selawat tiga kali, berdoa, akhirnya pelaku lengah toleh ke kanan, dan saya tembak tangan kanannya. Karena itu yang paling memungkinkan," tuturnya.

Duh girls, membayangkannya saja sudah sangat mengerikan ya. Terlebih kasus kejahatan seperti ini kerap terjadi dan kaum hawa sering menjadi sasarannya. Nah, biar kamu nggak ikut menjadi korban penodongan dan sejenisnya, coba deh kamu simak tips berikut.

Ini Cara Hindari Jadi Korban Kejahatan

1. Jangan main gadget. Saat berada di tengah jalan atau saat berada di dalam kendaraan umum, coba kamu kurangi main gadgetnya. Saat kamu meminkan gadget, tanpa sadar kamu bisa mengundang pelaku tindak kejaharan untuk menyasarmu.

2. Berpenampilan sederhana. Saat berpergian dengan kendaraan umum, baiknya kamu meminimalisir penampilan kamu. Misalnya kamu tak menggunakan perhiasan secara berlebihah. Selain itu kamu pun bisa menyimpan dahulu perhiasanmu di dalam tas dan menggunakannya setelah sampai di tempat tujuan.

Hati-hati ya gilrs saat neik kendaraan umum. (via. Above Whispers)

3. Duduk ditempat strategis. Saat kamu naik kendaraan umum, kamu bisa memilih tempat duduk dekat pintu. Hal ini bisa memudahkaan kamu untuk keluar dan meyelamatkan diri.

4. Simpan nomor penting dalam tombol darurat ponsel. Kamu bisa menyimpan nomor-nomor penting dalam daftar nomor darurat di ponselmu. Ini akan memudahkan kamu untuk mendapatkan bantuan disaat berbahaya.

Hati-hati ya girls saat menggunakan transportasi umum. (via. She Knows)

5. Jangan pergi sendiri. Saat naik kendaraan umum, usahakan kamu nggak sendiri ya girls. Kamu bisa ajak temanmu untuk pergi bersama. Pun kamu harus pergi sendiri, ingat empat poin diatas ya!

Nah itu girls hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk menghindari tindak kejahatan dalam kendaraan umum. Selalu berhati-hati ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading