Sukses

Lifestyle

Girls, Ini Makanan dan Minuman yang Ampuh Cegah Sakit Jantung

Fimela.com, Jakarta Di antara penyakit kanker dengan segala jenisnya, terselip gagal jantung sebagai salah satu penyakit yang paling mematikan. Nggak heran, jantung memang sangat krusial, yang bertugas sebagai pemompa 'nyawa.' Berfungsi atau nggak, bakal menentukan si pemilik jantung itu mati atau masih hidup. Selain otak, jantung memang organ tubuh manusia yang menentukan status kematian seseorang. 

Jantung itu memompa darah ke seluruh tubuh. Darah membawa oksigen untuk diberikan ke tiap-tiap organ lain. Kebayang, kan, betapa beratnya tugas jantungmu. Tapi sayang, banyak banget orang yang nggak terlalu peduli dengan organ yang harus terus berdegup ini. Bukan cuma merokok dan juga jarang olahraga. Tapi mereka lebih makan makanan yang berlemak. Makanan ini bisa berbahaya buat jantungmu, apa lagi kalau lemak tubuh sudah menutupi jantungmu. 

Menurunkan resiko penyakit jantung | via: tipsbejo.blogspot.com

Banyak, sih, cewek-cewek yang sekarang rajin olahraga dan diet. Tapi, mereka lebih fokus pada makanan yang rendah kalori, demi menguruskan badan. Tentu saja ini berkaitan dan membantu jantung jadi lebih sehat juga. Tapi, nggak semua cewek juga memikirkan makanan apa saja yang rendah kalori dan baik untuk jantung. Sehingga, mereka bisa mencegah berbagai penyakit, sebelum jantung berhenti berdetak. Dilansir dari buku the Top 100 Immunity Boosters karya Charlotte Haigh, ini 4 makanan yang baik untuk kesehatan jantung. 

1. Almon, kacang yang sering kamu temukan pada kue, bolu, dan juga susu, ternyata bisa mencegah penyakit jantung. Soalnya, almon mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang bergizi dan membantu dalam penurunan kadar kolesterol pada darah. Nah, kamu sendiri tahu, kan, penyakit jantung beserta penyakit lain yang terkait itu bisa saja muncul karena aluran darah nggak lancar. 

14 buah kacang almon. (Via: webmd.com)

Bukan karena kakimu tertindih terus darah jadi nggak mengalir sempurna. Tapi karena pembuluh darah kotor dan penuh dengan lemak. Jadi, pembuluh darah tersumbat dan mengakibatkan kerusakan pada beberapa organ, termasuk jantung. Nah, dengan almon ini, lemak yang ada di pembuluh darah bisa berkurang. 

Dari Bawang Putih Hingga Avokad

2. Bawang putih memang terkenal sebagai anti biotik alami dan obat ampuh flu. Tapi ternyata, bawang putih juga memperkuat fungsi jantung dengan cara aktif menurunkan kadar kolesterol darah. Selain baik untuk jantung, bawang putih ini juga menekan pembentukan tumor, lho. Soalnya, bawang putih mengandung alisin dan minyak atsiri. 

Manfaat Mengejutkan dari Bawang Putih. (healthycaregroup.com)

3. Makerel, atau ikan yang biasa dikemas kalengan, ternyata punya banyak manfaat. Termasuk buat jantung. Karena, makerel merupakan salah satu sumber terbaik asam lemak omega-3. Nah, asam lemak ini tugasnya menjaga kadar kolesterol darah agar tetap rendah. Ternyata, selain untuk jantung, makerel juga jadi obat ampuh yang bisa mencegah kanker dan juga depresi, dengan kandungan asam lemaknya. 

Selain untuk jantungmu, ikan yang rasanya lezat ini juga berfungsi untuk memperbaiki dan memelhara sistem imun tubuhmu. Jadi, kamu nggak bakalan gampang sakit. Para peneliti mengatakan, kalau kau mengonsumsi satu porsi ikan makerel selama seminggu, penyakit jantung bakalan jauh dari kehidupanmu. 

Makerel | via: healtheatingfood.com

4. Selama ini, kamu mungkin sering mendengar, untuk meluruhkan lemak dalam tubuh, kamu perlu serat yang ada pada sayuran. Tapi ternyata, buah-buahan juga bisa mengurangi lemak yang ada pada tubuhmu, lho. Salah satunya avokad. Buah yang biasa disebut alpukat ini mengandung banyak gizi. Seperti vitamin B1, B2, B3, B5, E, K, biotin, karetonoid, folat, seng, asam lemak omega-6 dan juga serat. Nah, kandungan ini semualah yang menjaga kesehatan jantungmu, sehingga mencegah berbagai penyakit, termasuk saraf. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading