Sukses

Lifestyle

Apa yang Terjadi Kalau Kamu Minum Air Mentah?

Fimela.com, Jakarta Kamu mungkin sering membaca berita-cerita soal pedagang kaki lima yang 'nakal' lantaran membuat es batu dengan air mentah. Setelah berita itu tersebar, banyak banget orang-orang yang nggak mau beli minuman dari pedagang kaki lima di pinggir jalan. Alasannya, karena es batu yang mereka jual dibuat dari air mentah. 

Mungkin nggak banyak orang tahu, kenapa air mentah nggak boleh kamu minum dan bahkan sangat berbahaya. Kamu mungkin berpikir orang yang mengonsumsi es batud ari air mentah akan sakit perut. Tapi ternyata, ada banyak efek samping lain yang mungkin belum kamu tahu. Bukan cuma sakit perut, tapi juga penyakit lainnya. 

Dilansir dari Steady Health, kamu yang mengonsumsi air mentah yang nggak bersih dan steril, juga bakal terjangkit infeksi saluran pernapasan dan juga radang tenggorokan. Selain itu, kalau anti bodimu lemah, kamu juga bisa saja terjangkit penyakit lain yang disebabkan bakteria, virus, kuman, serta parasit. Cacing yang mungkin ada pada air itu juga bisa masuk ke dalam tubuhmu. 

Ini Bedanya Es Batu yang Terbuat dari Air Mentah dan Air Matang. (Foto: nutritiouslife.com)

Nah, inilah alasannya kenapa kamu nggak boleh mengonsumsi es batu yang terbuat dari air mentah. Masalahnya, kadang kamu nggak tahu apakah es batu yang ada di restoran itu dibuat dari air mentah atau matang. Sebenarnya kamu nggak perlu bingung. Soalnya, untuk mengetahui tanda-tanda dan perbedaan antara keduanya sangat mudah. 

Kamu cuma tinggal melihat, apakah es batu tersebut bening atau putih. Es batu yang berwarna putih terbuat dari air mentah. Soalnya, dilansir dari KDLT News, es batu yang berwarna putih mengandung mineral dan juga endapan yang berbahaya. Pada saat es batu itu masih berbentuk air, kamu memang akan sulit untuk melihat mineral dan endapan itu. 

Masukin es batu ke kuah bekas. (Via: instagram.com/kyoulismyname)

Tapi, pada saat air menjadi beku, endapan dan mineral itu pun itu membeku dan berubah menjadi seperti embun atau sesuatu yang putih di dalam es batu tersebut. Jadi, baik kamu sedang berada di restoran mahal atau di pinggir jalan, perhatikan warna dari es batu, ya, girls. Jangan sampai kamu terjangkit radang tenggorokan, sakit perut, atau gangguan kesehatan lainnya gara-gara es batu yang terbuat dari air mentah. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading