Sukses

Lifestyle

Bahaya Banget! Kenapa Kamu Nggak Boleh Nahan Pipis?

Fimela.com, Jakarta Ketika kamu sedang bekerja atau belajar, atau melakukan aktivitas lain, rasanya malas banget untuk beranjak dari tempatmu untuk melakukan hal lain. Bahkan kamu pun ogah buat pergi ke toilet untuk kencing. Kalau belum terasa sakit pada perut bagian bawah, kamu nggak bakal beranjak dari tempat dudukmu atau kasur.

Bukannya apa-apa, kadang kamu merasa manahan pipis itu nggak bakal bahaya. Atau kamu merasa tanggung lantaran pekerjaan yang sedang kamu kerjakan belum selesai. Ada juga, lho, cewek yang menahan pipis saat malam hari karena nggak berani keluar kamar sendirian. Tapi ternyata, menahan pipis itu sangat berbahaya, girls. 

Soalnya, sering banget, saat kamu menahan pipis, 'alarm' yang ada di tubuhmu malah mati. Akhirnya, ketika kandung kemihmu sudah terisi lagi, kamu nggak merasa ingin pipis. Tapi, sekalinya pipis, pinggang bagian belakang atau perut bawah samping kanan/kiri terasa sakit. Ini bukan karena kamu mau dapet, lho. Tapi ini salah satu akibat dari seringnya kamu menahan pipis. 

Ilustrasi menahan pipis | via: businessinsider.com

Dilansir dari Women's Health Magazine, menahan pipis terlalu lama atau sering, bisa membuat air kencing mengendap pada ginjal dan saluran kemih. Endapan itu, lama-lama akan mengkristal. Nah, kristal yang tertinggal itu membuatmu sulit buang air kecil. Akhirnya, kamu harus operasi untuk pengangkatan batu ginjal. 

Kamu tentunya nggak mau hal ini terjadi, kan? Nah, menurut sumber yang sama, cewek itu umumnya bisa menahan pipis selama 3 hingga 6 jam. Tapi, ini tergantung pada seberapa banyak kamu minum air mineral, dan sebarapa sehat kandung kemihmu. Meksipun cewek pada umumnya bisa menahan pipis selama itu, tapi bukan berarti kamu boleh manahan pipis, ya. 

Cowok dan cewek kebelet pipis. (Via: brightside.me)

Soalnya, kalau sudah mengkristal di dalam kandung kemih, rasanya akan sangat sakit. Kamu juga harus menjalani operasi. Nah, supaya hal ini nggak terjadi, kamu harus banyak-banyak minum air putih. Jangan lupa untuk berusaha nggak menahan pipis, ya girls. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading