Sukses

Lifestyle

Menelusuri Jejak Kartini dengan Berkunjung ke Destinasi Ini

Fimela.com, Jakarta Raden Ajeng Kartini, namanya tiadalah asing di telinga. Perempuan kelahiran Jepara, Jawa Tengah ini dikenal gigih memperjuangkan emansipasi kaum hawa. Guna menghormati jasa-jasanya, tanggal lahir beliau, yakni 21 April, ditetapkan sebagai Hari Kartini.

Jadi, apa yang hendak kamu lakukan untuk memperingati Hari Kartini tahun ini? Bila ingin mencoba agenda baru, menelusuri jejak perempuan yang menghabiskan sebagian waktu hidupnya di Rembang, Jawa Tengah ini tentu menarik dilakukan, terlebih bila kamu adalah satu dari sekian pelancong penggemar wisata sejarah.

Mengingat putri R.M. Sosroningrat ini banyak menghabiskan waktu di Jepara dan Rembang, maka kedua wilayah tersebut merupakan tujuan utama perjalanan kali ini. Dengan letak yang terbilang mudah dijangkau, perjalananmu tak akan memakan terlalu banyak waktu dan tenaga. Dikutip dari berbagai sumber, inilah destinasi-destinasi untuk tapak tilas jejak Kartini.

Pendopo Kappaten Jepara, Jepara, Jawa Tengah. (mapio.net)

Pendopo Kabupaten Jepara. Tempat ini merupakan rumah Kartini semasa remaja karena kala itu ayahnya menjabat sebagai Bupati Jepara. Bisa dikatakan, pendopo Kabupaten Jepara adalah saksi bisu pikiran-pikiran brilian sang figur karismatik mulai bermunculan.

Beralamat di di Jalan RA Kartini, Panggang, Jepara, pendopo ini sekarang dimanfaatkan untuk berbagai event, termasuk pergelaran sejumlah tetarian tradisional. Dengan arsitektur bangunan khas, kamu bisa merasakan bentukan atmosfer kala gagasan-gagasan kritis menyeruak di pikiran Kartini.

Tempat Kartini Kecil Suka Bermain

Pantai Kartini. Masih di Jepara dan letaknya tak terlalu jauh dari pendopo, terdapat pantai di mana Kartini kecil seing kali menghabiskan waktu bermain. Tempat ini dibuka untuk umum dan cocok dijadikan tempat bersantai, terlebih saat petang menjelang.

Pantai Kartini, Jepara, Jawa Tengah. (anantyapn/Instagram)

Dengan letak yang demikian, Pantai Kartini merupakan salah satu titik untuk melihat senja nan menawan di langit Jepara. Jadi, tak hanya jejak Kartini yang kamu telusuri, tapi juga menikmati indah pesisir di kawasan utara Jawa Tengah.

Monumen Ari-ari Kartini. Tempat ini berlokasi di Desa Pelemkerep, Jepara. Kartini lahir di desa ini. Meski rumah kelahirannya sudah tak ada, namun di bagian belakang kamu masih bisa menemukan tali pusar perempuan yang pernah mengeyam pendidikan di ELS (Europese Lagere School).

Monumen Ari-ari Kartini, Jepara, Jawa Tengah. (Twitter)

Sesuai dengan adat Jawa, yakni saat lahir ari-ari sang bayi ditanam. Monumen berbentuk bunga teratai dibangun di tempat ari-ari Kartini ditanam. Sebagaimana diketahui, bunga teratai adalah bunga favorit anak kelima dari sebelas bersaudara tersebut. 

Jepara dan Rembang

Museum Kartini Jepara. Di sini, kamu akan menemukan barang-barang milik sang pahlawan nasional semasa hidupnya. Beralamat di Alun-alun nomor 1, Jepara, museum ini tak hanya punya koleksi terkait jejak Kartini, namun juga sejarah Jepara itu sendiri.

Museum Kartini, Jepara, Jawa Tengah. (esa_hidayat15/Instagram)

Tak semata menawarkan kisah sejarah, Museum Kartini pun dikenal sebagai pusat kesenian yang bisa kamu sambangi di Jepara. Dengan letak yang tak jauh dari alun-alun, sekiranya tempat ini tak akan sulit didapati.

Museum Kamar Pengabadian Kartini Rembang. Di usia 24 tahun, Kartini menikah dengan Bupati Rembang. Rumah tempat tinggal Kartini dan suaminya, Djojoadiningrat, kini menjadi Museum Kartini. Di salah satu kamar di rumah yang beralamat di Jalan Gatot Subroto ini Kartini menulis surat yang memuat buah pikirannya tentang perempuan untuk seorang sahabat.

Museum Kamar Pengabadian Kartini, Rembang, Jawa Tengah. (cho2inside/Instagram)

Surat-surat itulah yang kemudian dikumpulkan dalam buku Habis Gelap, Terbitlah Terang. Di sini pun Kartini melahirkan anak tunggalnya. Tak hanya itu, kamu juga bisa melihat berbagai peralatan yang pernah dipakai Kartini, bahkan lukisan karyanya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading