Sukses

Lifestyle

Saat Lapar, Kenapa Kamu Jadi Gampang Emosian?

Fimela.com, Jakarta Katanya, ada dua kondisi orang yang nggak bisa kamu ganggu sama sekali. Pertama, kalau dia sedang mengantuk. Kedua, kalau dia sedang lapar. Soalnya, pada kedua kondisi ini, orang akan cenderung lebih sensitif danmudah marah. Kamu juga mungkin merasakan hal yang sama, ya, girl? Pokoknya, kalau sudah waktunya makan, semua orang nggak bisa ganggu kamu apa lagi bikin kamu menunda makan. 

Bukan soal rakus atau suka banget sama makanan. Bukan juga semata-mata kamu nggak bisa tahan lapar. Tapi, nggak tahu kenapa, kamu yang sedang lapar lebih nggak bisa menahan emosi alias gampang marah. Tapi, pernah nggak sih kamu bertanya-tanya, kenapa kamu cenderung emosional saat sedang lapar?

Ternyata, soal ini ada penjelasan ilmiahnya, girls. Dilansir dari Huffington Post, seorang ahli perilaku rasa lapar, Paul Currie, yang juga merupakan seorang profesor psikologi di Reed college, Amerika Serikat, mengatakan apa yang terjadi pada tubuhmu saat kamu merasa lapar. Paul mengatakan, ini berkaitan dengan stres dan gelisah. 

Langkah Sederhana Mengatasi Kemarahan (Foto: buzz24-7.com)

"Sebuah organisme, ketika lapar, bisa mengacuhkan tanda atau rasa lapar kalau mau. Tapi, tak akan bertahan lama," katanya. Apa lagi kalau kondisi ini terus berlanjut hingga kamu merasakan perut yang keroncongan. Kondisi ini membuat kamu merasa stres, nggak nyaman, dan risau. Tanda-tanda laparmu juga akan membuat organ tubuh lain mengetahui apa yang dirasakan lambungmu. 

Selain itu, dilansir dari Everyday Health, sebuah penelitian yang dilakukan University of Cambridge dan dipublikasikan dalam jurnal ilmiah Biological Psychiatry juga membahas hal yang sama. Para peneliti setuju, rasa lapar membuatmu mengalami stres dan juga cemas. Dan perasaan ini ternyata meningkatkan tingkat serotonin dalam tubuh. 

Saat marah, Anda sebaiknya ambil istirahat sejenak (Ilustrasi: Smartcooky)

 

Buat kamu yang belum tahu, serotonin itu hormon yang ada pada tubuh kamu. Hormon ini yang mengatur munculnya berbagai emosi pada dirimu. Pada saat serotonin meningkat, kamu cenderung ingin marah. Dan inilah yang terjadi ketika kamu lapar. Satu-satu jalan adalah kamu harus segera makan atau kalau bisa tahan emosimu. Ingat, kamu sedang lapar dan yang paling penting adalah mencari makanan untuk memenuhi gizimu. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading