Sukses

Lifestyle

Ada Gempa? Jangan Panik, Ini yang Harus Kamu Lakukan

Fimela.com, Jakarta Gempa bumi dengan kekuatan 5,4 skala richter mengguncang Kabupaten Tasikmalaya pada 24 April kemarin. Dalam akun Twitternya, BMKG menjelaskan pusat gempa berada di 8.10 Lintang Selatan dan 106.86 Bujur Timur atau 58 km Barat Daya Kabupaten Tasikmalaya dengan kedalaman 13 km.

Bersyukur karena gempa yang sempat membuat panik para wisatawan yang tengah berada di pantai Pangandaran tersebut tidak mengakibatkan terjadinya tsunami. Meskipun gempa telah usai namun tentu saja kita harus waspada jika gempa ternyata terjadi lagi.

Ilustrasi Gempa. (via: media.nbcsandiego.com)

Lalu apa yang harus dilakukan ketika ada gempa terjadi? Jangan panik dan lakukanlah beberapa hal ini untuk memastikan dirimu aman dari bahaya gempa.

1. Coba rasakan gempa yang terjadi, getarannya kecil atau besar. Biasanya saat gempa terjadi orang-orang akan langsung berteriak histeris dan berlarian ke luar rumah. Ketika merasakan adanya gempa sebaiknya rasakan getarannya kuat atau tidak. Kalau memang cuma terjadi gempa kecil, maka lebih aman kamu berada di dalam rumah dan tetap melindungi diri.

2. Melindungi dirimu dan keluargamu. Jika gempa terjadi dan getarannya terlalu kuat kamu busa berlindung di bawah meja yang terbuat dari kayu. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari kepala atau pun badanmu terkena barang-barang di rumahmu yang akan berjatuhan ketika terkena getaran. Jangam berlindung pada dinding yang memang sudah tidak kokoh lagi karena malah akan sangat membahayakan dirimu.

Selain Tempat Tidur, Meja Ini Juga Anti Gempa | via: thedailybeast.com

3. Keluarlah melalui jendela jika memang pintu rumahmu terlalu jauh untuk dijangkau. Ya, kalau letakmu sedang berada jauh dari pintu keluar dan lebih dekat dengan jendela, maka keluarlah dari jendela. Biasanya dalam keadaan panik seseorang akan kesulitan untuk mengambil keputusan, makanya tidak ada salahnya mulai sekarang kamu ingat bahwa harus memilih jalan keluar yang paling aman.

4. Saat gempa terjadi biasanya akan disusul dengan matinya listrik. Sebelum keluar rumah ada hal yang harus lebih dahulu kamu lakukan, yakni pastikan kompormu tidak sedang menyala dan matikan segera aliran listrik supaya tidak terjadi korsleting yang bisa mengakibatkan kebakaran.

 Ilustrasi Gempa. (David Alexander/SNPA via AP)

5. Selain melindungi dirimu, jangan lupa juga untuk melindungi orang-orang yang kamu cintai. Orang dewasa mungkin akan lebih mudah berlari jika dalam situasi gempa, tapi bagaimana dengan anak-anak kecil atau para orang tua? Cobalah untuk membawa mereka keluar dari dalam bangunan menuju tempat yang lebih aman.

6. Ada gempa susulan atau berpotensi terjadi tsunami tidak? Ya, carilah informasi terbaru tentang gempa yang ada di wilayah kamu. Bisa dengan mencari tahu lewat sosial media, televisi atau pun siaran radio. Dari situ tentunya kamu akan menjadi lebih tahu situasi terkini dan kemudian pilihlah langkah yang paling aman.

Ilustrasi Gempa. (Via: istockphoto.com)
Itulah beberapa hal yang harus kamu lakukan ketika merasakan adanya gempa. Saat gempa terjadi kebanyakan orang akan panik dan kesulitan untuk mengambil keputusan, jadi sebelum hal-hal yang tidak diinginkan terjadi ada baiknya beberapa hal di atas kamu ingat-ingat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading