Sukses

Lifestyle

Sedih Lihat Akun Medsos Orang yang Sudah Meninggal? Lakukan Ini

Fimela.com, Jakarta Setiap orang pasti tak ingin terus terjebak dalam kesedihan setelah kehilangan seseorang yang meninggal dunia. Salah satu cara yang banyak dilakukan adalah dengan merelakan dan mengubur berbagai kenangan yang pernah tercipta. 

Namun apa jadinya jika kenangan tentang orang tersebut terus muncul di media sosial dan membayangi kita dengan kesedihan? Ya, media sosial Facebook misalnya, jejaring sosial ini memiliki fitur yang bisa mengingatkan kita akan kenangan dengan orang lain, salah satunya lewat foto. 

Ilustrasi kesedihan. (via. Pinterest)

Kalau kamu salah satu orang yang mengalaminya, kamu tak bisa diam saja. Akun seseorang yang telah meninggal memang bisa memicu kesedihan, bukan hanya untuk kamu, tetapi juga orang lain yang mengenal baik orang yang telah meninggal tersebut.

Tak usah bingung harus berbuat apa, kalau kamu salah satu orang yang megalaminya, kamu bisa melakukan tiga langkah berikut yang dilansir dari laman Cnet.

Ilustrasi kesedihan. (via. Pinterest)

Kamu bisa menonaktifkan atau mengabadikan halaman profil medos orang yang sudah meninggal. Media sosial seperti Facebook dan Instagram memiliki fitur tersebut. Nantinya mereka akan meminta ahli waris untuk mengisi formulir online dan surat kematian, sebelum akun tersebut dinonaktifkan atau diabadikan. 

Nantinya jika diabadikan, halaman profil orang yang sudah meninggal tersebut tidak akan muncul dalam fitur teman yang disarankan, juga pengingat ulang tahun. Langkah ini pun akan membuat banyak orang bisa mengurangi kesedihannya. Untuk lebih jelasnya kamu bisa cek dalam kolom pusat bantuan media sosial terkait.

Ilustrasi kesedihan. (via. Pinterest)

Sebelum menonaktifkan atau mengabadikan akun tersebut , buat pemberitahuan lebih dulu. Hal ini dilakukan agar teman-teman almarhum di media sosialnya tak terkejut, mengingat tak semua teman mengetahui kematiannya.

Umumkan dengan cara yang elegan. Jangan mengunggah pemberitahuan secara berlebihan. Kamu bisa mengumumkan tanggal dan waktu kepergian almarhum, juga penyebab kematiannya. Hal ini tentu akan mengundang banyak komentar, maka berhati-hatilah saat menanggapinya.

Selain untuk meminimalisir kesedihan, ingat hal tersebut juga dilakukan untuk menghormati orang yang sudah meninggal. Semoga cara ini bisa membantumu ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading