Sukses

Lifestyle

Ini Hal Unik yang Warnai Demo Hari Buruh 2017

Fimela.com, Jakarta Demo Hari Buruh 2017 telah menyisakan berbagai cerita. Aksi yang berlangsung kemarin (1/5/2017) itu pun sempat diwarnai kericuhan, di mana para pendemo terlibat aksi saling dorong dengan polisi.

Ya, para buruh mencoba untuk bisa masuk ke ke Istana Negara, namun upaya mereka terhalang kawat barikade yang menghalangi akesnya. Melansir Liputan6.com tak lama setelah mereka tak bisa mendapatkan akses menuju istana, para buruh pun membubarkan diri dengan tertib di tengah derasnya hujan.

Rasanya adem ya, kalau aksi demo bisa berjalan dengan baik tanpa harus ada kericuhan yang mengundang banyak kerugian. Namun, meski aksi demo buruh kemarin sempat menimbulkan ketegangan, ada juga lho cerita-cerita seru yang mewarnai jalannya aksi demo buruh kemarin! Penasaran?

 

Drum Band yang mewarnai aksi demo buruh kemarin (1/5/2017). (Liputan6.com/ Ahmad Romadoni)

1. Drum Band. Dalam aksi demo buruh kali ini diwarnai dengan hadirnya drum band dari Gita Bagasasi. Selain t mpil memberikan warna baru, kehadiran drum band tersebut juga untuk mengawal aksi long march para buruh menuju Istana.

2. Tikus got. Ya, ada tikut-tikus yang ikut meramaikan aksi demo buruh kemarin (1/5/2017). Bukan tikus sungguhan kok, tetapi ornamen buatan yang dibawa oleh massa pendemo dari Kassbi. Salah seorang peserta demo mengatkan bahwa tikus tersebut digunakan sebagai simbol pejabat Indonesia yang melakukan korupsi dan tak memedulikan nasib para buruh.

Massa buruh dari KASBI membawa gurita raksasa, bola dunia dan tikus pada peringatan May Day di Bundaran HI, Jakarta, Senin (1/5). Replika gurita itu dianggap simbol penghisap sumber daya alam yang ada di Indonesia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

3. Keranda mayat. keranda mayat pun menjadi salah satu ornamen dalam aksi demo buruh kemarin. Tak ketinggalan kain kafan berbentuk pocong pun melengkapi aksi tersebut. Lewat ornamen tersebut para buruh juga menuliskan tuntutan mereka seperti penghapusan upah murah, sistem outsourcing juga mencabut PP No 78/2015 tentang Pengupahan.

Sebanyak 200 wanita Indonesia memanfaatkan hari buruh yang jatuh pada Senin (1/5/2017) dengan bersepeda. (Liputan6.com/Cakrayuri Nuralam)

4. Ibu bersepeda. Selain kegiatan demo buruh, ternyata hari Buruh juga diwarnai aksi bersepada yang dilakukan oleh 200 wanita dari komunitas Woman's Cycling Community (WCC). Aksi bersepeda sejauh 40 kilometer mengelilingi Jakarta ini dilakukan oleh para cewek dari berbagai profesi mulai dari wanita karier, sosialita, pelajar juga ibu rumah tangga.

Kalau kamu, apa yang kamu lakukan saat perayaan Hari Buruh kemarin?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading