Sukses

Lifestyle

3 Makanan yang Bikin Ginjal Sehat Selalu

Fimela.com, Jakarta Ginjal, sebenarnya hanya sepasang organ di dalam tubuh yang kecil. Meskipun begitu, perannya dalam sistem ekskresi manusia sangat penting. Ketika ginjal rusak, atau terganggu fungsinya, bahkan kehilangan fungsi, akan ada banyak serangkaian organ lain yang juga ikut nggak berfungsi. 

Kamu mungkin sering banget melihat atau mendengar orang-orang yang terpaksa harus cuci darah. Soalnya, ginjal mereka sudah tak lagi sanggup memisahkan mana yang harus dibuang melalui air seni, mana nutrisi yang harus disimpan dalam tubuh. Selain gagal ginjal, gangguan lain juga berkaitan dengan kandung kemih. Ketika kamu sering menahan pipis, akan ada endapan di ginjal dan kandung kemih. 

Endapan ini lama-lama akan mengkristal, girls. Kalau sudah begini, kamu harus meminta penanganan oleh dokter dan ahlinya. Sebagian orang akan menjalani operasi dan sebagian lainnya masih bisa melakukan perawatan dengan obat-obatan. Kalau kamu nggak mau ginjalmu rusak, selain hidup sehat, kamu juga harus memakan beberapa makanan yang memang baik untuk ginjalmu. 

Cintai ginjal (Foto: threshwoman.com)

1. Dilansir dari Healthy Eating, salah satu makanan yang paling baik untuk kedua ginjalmu adalah buah-buahan dan sayuran. Keduanya akan meningkatkan fungsi ginjal, termasuk anggur, berries, seledri, buah bit, dan juga bayam. Selain itu, bumbu seperti bawang bombay juga sangat baik untuk ginjal. 

2. Ginjal mengatur potasium, jadi penting buat kamu untuk memerhatikan makanan yang mengandung zat ini. Selain itu, penting juga untuk mengatur dan memerhatikan kadar potasium dalam tubuhmu. Kalau terlalu tinggi, kamu mungkin akan meningkatkan kemungkinan untuk menderita stroke atau serangan jantung. Nah, untuk itu, sebaiknya kamu hindari makanan yang mengandung posatium, seperti apel, kacang-kacangan, nasi, mi, pasta, biskuit tanpa kacang, atau cokelat, pir, dan lainnya. 

Protein, Lemak dan Sayur-sayuran. foto: diogenes-eu.org

3. Banyak orang yang baru mencari tahu soal kesehatan ginjal kalau sudah merasakan gejala penyakitnya, atau bahkan sudah divonis dokter menderita penyakit ginjal yang cukup serius. Seperti memberikan kesempatan kedua, kamu yang sudah memiliki gangguan ginjal bisa juga memperbaikinya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Soalnya, orang yang sakit ginjal kebanyakan kekurangan zat besi. 

kamu juga jangan lupa, kalau ginjal itu berperan sebagai produsen sel darah merah. Tapi ini akan menjadi sia-sia kalau ginjalmu nggak berfungsi dengan baik. Kalau sudah begini, bisa jadi sel darah merahmu berkurang dan tingkat energi tubuhmu akan menurun drastis. Dengan memakan makanan yang kaya akan zat besi, kondisi ini paling nggak bisa diperbaiki perlahan-lahan. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading