Sukses

Lifestyle

Kenapa Kamu Nggak Boleh Pakai Sandal Jepit Lagi?

Fimela.com, Jakarta Sandal jepit selama ini sudah menjadi sahabat banyak orang. Apa lagi sandal jepit sudah lama dipakai sebagai alas kaki kalau kamu mau pergi ke suatu tempat yang jaraknya nggak jauh. Sandal jepit ini juga kemudian menjadi populer semenjak artis-artis luar negeri ikut memakainya saat di bandara. Tapi, meskipun sudah menjadi alas kaki yang paling ringkes dan nggak ribet, ternyata sandal ini bisa menimbulkan efek buruk untuk kesehatan, lho, girls. 

Dilansir dari Little Things, sandal jepit bisa menimbulkan benjolan yang terletak pada ibu jari kaki. Nah, benjolan ini sangat menyakitkan, girls. Selain itu, kamu yang akan memakai sepatu hak tinggi pointie akan terasa lebih sakit lagi pada benjolan tersebut. 

Benolan yang disebut dengan bunions ini juga bisa muncul pada kaki bagian luar, tepatnya di jari kelingking kaki. Keduanya muncul karena ada tarikan dan peregangan ligamen di kakimu.Nah, pada saat ligamen nggak sejajar, tulang kecil yang ada di jarimu juga ikut tertarik dari posisi yang seharusnya. Akhirnya timbul buions. 

Sandal jepit. (Sumber Foto: stefmcdonald.com)

Selain itu, sandal jepit yang bentuknya rata, ternyata nggak cocok untuk kakimu. Soalnya, sandal jepit nggak mengikuti bentuk telapak kakimu. Padahal, di telapak kakimu itu pasti ada lengkungan. Nah, ini, apa pun alas kakimu, sebenarnya harus di-support dengan baik. Kalau nggak, ligamen dan tendonmu akan mulai tertarik ke arah yang salah. Sehingga, kamu akan merasa sakit pada kaki, muncul bunions, dan gangguan lainnya. 

Biasanya, sandal jepit itu kan terbuat dari karet. Sehingga kamu nyaman saat mengenakannya. Tapi, pernah nggak kamu berpikir kenapa sandal jepitmu mudah banget kotor. Sandal jepit juga akan cepat menghitam, kalau kamu nggak rajin mencucinya. Ini ternyata, disebabkan karena bahannya yang mudah banget terserang bakteri dan jamur. 

Soalnya, sandal jepit itu hanya melindungi telapak kakimu. Jamur dan bakteria tetap bisa naik ke atas dan menyebabkan perubahan warna pada alas sandalmu. Selain itu, bahannya yang terbuat dari karet juga bagi sebagian orang nggak nyaman dan terlalu kasar. Makanya, sebagian orang sering banget kulitnya melepuh karena memakai sandal jepit terlalu lama. 

Sandal jepit. (surfnbeachscenemagazine.com)

Nah, kalau kamu ingin tetap memakai sandal jepit, sebaiknya pikirkan beberapa risiko ini, ya. Paling nggak, kamu jangan terlalu sering memakai sandal jepit, apa lagi ke kamar mandi umum, gym, kolam renang umum, dan lainnya. Selalu cuci kaki yang bersih dan pakai sabun pembunuh bakteria setiap kali usai memakai sandal jepit

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading