Sukses

Lifestyle

Jangan Sampai Terlambat, Cek Payudaramu dengan Rutin

Fimela.com, Jakarta Ada begitu banyak cewek yang menjadi korban kanker payudara yang ganas. Mulai dari anak-anak muda, hingga orang yang sudah berumur. Jumlah pasien yang menderita kanker jenis ini semakin bertambah tiap tahun. Data International Agency for Research on Cancer tahun 2014 menunjukkan, ada 458 ribu angka kematian akibat kanker payudara di dunia. 

Sementara itu, ada 1,4 juta cewek di dunia yang terserang kanker jenis ini. Masalahnya, banyak korban yang akhirnya nggak bisa diselamatkan karena telat ditangani. Data yang dikumpulkan Globocan, National Cancer Institute tahun 2008 saja menunjukkan, 1 dari 2 pasien kanker payudara meninggal karena telat ditangani. 

Hal ini menunjukkan, belum banyak cewek yang aware dengan kesehatan payudaranya. Padahal, kesehatan payudara itu sangat penting. Banyak juga orang-orang yang malas untuk memeriksakan kesehatan payudaranya ke dokter. Mereka mungkin takut dengan hasil tes di rumah sakit. Tapi, menurut Yayasan Kanker Indonesia, tes sedini mungkin akan membantu proses penyembuhan, lho. Kamu akan memiliki harapan hidup lebih besar kalau penanganan nggak terlambat. 

Lebih cepat diketahui, maka kanker payudara lebih mudah untuk diatasi. (Foto: womansday.com)

Terus, gimana caranya memeriksakan kedua payudaramu? Pertama, dengan memantaunya secara rutin di rumah. Ya, nggak perlu keluar uang. Kamu juga nggak harus pergi ke mana-mana. Cukup dengan berdiri di depan kaca dan amati bentuk kedua payudaramu. Apakah ada bentuk yang berubah dari minggu atau bulan lalu? Kalau nggak ada, sekarang waktunya pemeriksaan yang dilakukan dengan perabaan. 

Taruh salah satu tanganmu ke belakang kepala. Lalu, raba payudaramu dengan tiga gerakan, memutar, ke atas-bawah, dan dari bagian tengah puting ke luar. Kemudian, pencet kedua putingmu perlahan-lahan. Amati apakah ada keluar cairan atau tidak. Kalau ada, segera periksakan ke dokter. Setelah itu, baringkan tubuhmu, terlentang, dengan kepala diganjal bantal. Lakukan apa yang kamu lakukan pada saat berdiri. Raba dengan tiga gerakan pada masing-masing payudara. 

Editor Says: Ketakutan Terhadap Kanker Payudara. (Foto: health.asiaone.com)

Selain pemeriksaan sendiri, kamu juga bisa datang langsung ke rumah sakit. Ada sebuah sistem pemeriksaan yang namanya mamografi. Selain itu juga ada pemeriksaan melalui USG payudara. Jadi, jangan sampai kamu lupa untuk memerhatikan kedua payudaramu, ya. Jangan sampai terlambat memeriksakannya karena juga akan terlambat penangannya. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading