Sukses

Lifestyle

5 Obat Tradisional yang Masih Digunakan Anak Muda Sampai Sekarang

Fimela.com, Jakarta Milenials, atau anak-anak muda kelahiran tahun 90-an biasanya menggunakan semua barang yang modern. Bukan cuma soal gadget dan elektronik canggih, tapi ternyata juga soal kesehatan, girls. Sekarang, sudah banyak teknologi yang lebih canggih untuk mendeteksi penyakit dan penyebarannya. Apa lagi obatnya. Obat modern sudah bisa langsung dirasakan khasiatnya beberapa menit setelah kamu mengonsumsinya. 

Tapi, di tengah-tengah kemodernan obat-obatan kedokteran, ternyata masih ada, lho, girls, anak-anak muda yang masing mengonsumsi obat tradisional untuk menyembuhkan penyakit yang paling sering menjangkit. Misalnya flu, batuk, dan juga soal penyakit ringan lainnya. Kira-kira, apa saja sih, obat-obatan tradisional yang masih digunakan anak muda hingga sekarang?

1. Minyak kayu putih. Kamu yang suka merasa kedinginan, masih juga memakai minyak kayu putih yang dulu dipakai ibumu saat udara menjadi dingin. Ternyata, minyak kayu putih ini bukan cuma untuk menghangatkan, tapi juga bisa meredakan batuk-pilek, serta sakit perut. Karena multi guna, nggak heran obat tradisional yang masih banyak dijual di pasaran masih tetap eksis di kalangan kaula muda. 

2. Minyak kelapa. Dulu, waktu kamu masih bayi, biasanya nenek atau ibumu memakai minyak kelapa pada seluruh badanmu. Ini berguna untuk menghangatkan tubuh dan juga menjaga kelembaban kulit bayi. Selain kulit, minyak kelapa juga dipakai di rambut bayi untuk membuatnya menjadi hitam legam dan halus serta sehat. Ternyata, hingga kini banyak juga anak-anak cewek yang sudah remaja masih mengenakan minyak kelapa asli untuk menghaluskan kulit dan menyehatkan rambut. 

Minyak kelapa, resep kecantikan orang-orang zaman dahulu yang nggak ada salahnya untuk kamu coba. (Foto: chilondon.com)

3. Minyak tawon. Pernah nggak kamu digigit serangga, lalu ibumu bukannya memberikan obat luka malah minyak tawon? Minyak yang pada bungkusnya bertuliskan huruf mandarin ini sebenarnya minyak multi fungsi juga. Bisa untuk meredakan panas dan demam, batuk, dan pilek. Selain itu, juga bisa menjadi minyak pijat dan juga mengobati luka. Minyak tawon yang asli ternyata juga bisa diminum untuk meredakan berbagai penyakit ringan, lho, girls. 

4. Jamu kunyit asam. Kamu mungkin masih melihat banyak mbok-mbok penjual jamu gendong yang setiap pagi berkeliling komplek dekat rumah. Salah satu jamu yang selalau dibawa mereka adalah kunyit asam. Sesuai dengan namanya, jamu ini terbuat dari kunyit dan asam. Biasanya dicari para remaja dan cewek-cewek untuk meredakan sakit dan melancarkan haid. Sekarang, sudah banyak jamu kunyit asam ini yang dikemas menjadi seperti minuman kemasan. Sehingga, kamu nggak perlu bikin di rumah atau menunggu mbok jamu yang sudah semakin jarang ditemui. 

Jamu Kunyit Asam | via: terimakasihresep.blogspot.co.id

5. Jamu beras kencur. Kalau jamu kunyit asam populer di kalangan para cewek, jamu yang ini justru populer di kalangan anak-anak. Nah, anak balita biasanya mengalami masa sulit makan. Organ pencernaan mereka yang masih berusaha menyesuaikan dengan makanan orang dewasa kadang menolak beberapa makanan, menyebabkan si anak nggak doyan makan. Atau mereka justru nggak punya masalah ini sama sekali, tapi sangat pemilih dalam hal makanan. 

Mereka cuma mau makan makanan yang mereka sukai saja. Ini membuat para ibu khawatir. Karena takut anaknya kekurangan gizi. Nah, untuk mengatasi hal ini, biasanya para nenek atau ibu membuatkan atau membelikan jamu beras kencur. Jamu ini berkhasiat untuk menambah nafsu makan anak-anak. Jangan khawatir, walaupun ini jamu, tapi rasanya manis dan enak, kok. 

Jamu Beras Kencur | via: sellawahyu.blogspot.com

Selain jamu dan juga minyak-minyakan di atas, masih ada banyak lagi obat tradisional yang hingga kini masih digunakan banyak anak muda. Kira-kira, apa obat tradisional yang masih kamu pakai hingga sekarang? Tulis di kolom komentar, ya, girls!

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading