Sukses

Lifestyle

5 Minuman Sehat yang Tingkatkan Metabolisme Tubuh

Fimela.com, Jakarta Menurunkan berat badan ternyata juga ada kaitannya dengan metabolisme tubuh. Soalnya, metabolisme itu ad kaitannya dengan pembakaran lemak. Singkatnya, kalau kamu meningkatkan metabolisme tubuh, kamu juga meningkatkan pembakaran lemak atau karbohidrat dalam tubuhmu. Bukan cuma berat badan menjadi stabil, tapi kamu juga akan menjadi lebih bertenaga dan sehat. 

Sebenarnya, metabolisme merupakan istilah yang berasal dari Yunani, girls, yang artinya perubahan atau transformasi. Hal ini terkait dengan sebuah proses dalam tubuhmu, yaitu pada saat mengubah makanan dan zat lain menjadi energi yang akan digunakan tubuhmu untuk beraktivitas. Nah, kalau metabolisme pada tubuhmu nggak terlalu baik, nggak heran kalau kamu sering lemas dan malas bergerak. 

Tapi kamu nggak usah khawatir. Kamu bisa meningkatkan metabolisme dengan berbagai cara. Selain berolahraga, makan makanan sehat, juga meminum berbagai ramuan yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Nah, buat kamu yang belum tahu, ini dia 5 minuman yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh. 

1. Dilansir dari Bright Side, sebenarnya ada banyak minuman sehat yang sudah lama diminum banyak orang. Namun, banyak dari mereka yang nggak tahu, kalau minuman ini sebenarnya berkhasiat untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Salah satunya adalah infused water lemon yang ditambahkan dengan daun min. Ini bukan cuma akan meningkatkan metabolisme, tapi juga membantu meluruhkan lemak, karena sifat lemon dan kandungan di dalamnya. 

Infused water, cara lain untuk membuat air putih semakin sehat dan segar (foto: http://www.doctoroz.com/)

2. Kamu yang nggak suka dengan infused water nggak usah merasa sedih. Soalnya, ada minuman yang lebih enak, lho. Namanya strawberry smoothie. Kamu juga butuh buah stroberi dengan susu skim (susu tanpa lemak), oats, flax seed atau lidah buaya. Lalu blender semuanya, girls. Mudah, kan? 

3. Kamu yang suka banget dengan cokelat boleh juga membuat smoothie dari cokelat. Bahan dan cara buatnya sama, girls. Tapi kamu harus pakai susu tanpa lemak, dan juga cokelat dark yang rendah lemak. Kalau kamu pakai asal susu dan cokelat, yang ada kamu malah jadi tambah gemuk, lho. 

Ilsustrasi cokelat smoothie | sumber foto: purewow.com

4. Kamu juga bisa beli air kelapa muda di warung terdekat. Tapi, jangan pakai gula atau susu, ya. Cuma pure air kelapa muda. Daging kelapanya juga boleh kamu makan. Selain itu, kamu juga harus ingat, banyak banget penjual kelapa muda yang membohongi pembelinya. Mereka bilang itu air kelapa muda, tapi sebenarnya kelapa tersebut sudah agak tua. Makanya, kamu harus make sure, air yang kamu beli benar-benar air kelapa muda.  

5. Sebagai orang Indonesia, kamu pasti tahu yang namanya jamu dan bahan rempah-rempah. Nah, beberapa jamu yang terkenal bisa menambah energi adalah jamu dengan bahan dasar jahe atau ginseng. Membeli jamu tradisional mungkin agak meragukan, ya girls. Secara kamu nggak tahu bahan-bahan dan kebersihan saat membuatnya. Jadi, lebih baik kamu membuatnya sendiri di rumah. 

Jahe | sumber foto: prevention.com

Caranya mudah, kok. Kamu tinggal merebus jahe atau ginseng, lalu minum airnya saat sudah dingin. Kamu yang suka rempah-rempah juga bisa menambahkan rempah lain seperti kayu manis, atau jinten. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading