Sukses

Lifestyle

Hati-Hati, Begini Ciri Emotionally Abusive Relationship

Fimela.com, Jakarta Abusive Relationship tak hanya sekadar kekerasan yang dialami oleh fisik, tapi juga emosi. Sayangnya, banyak orang yang tak menyadari bahwa mereka terjebak dalam emotionally abusive relationship.

Kamu mungkin nggak tahu bahwa dirimu tengah berada dalam emotionally abusive relationship, namun dalam hati akan merasa ada yang salah. Kamu merasa sedih, takut, bingung, dan marah, namun tak diketahui apa penyebabnya. Dilansir dari The List, ini tanda-tandanya!

Hal pertama adalah ketika tengah berdebat dengan pacar, si dia seringkali berkata kasar yang menyakitkan. Kamu meminta dia untuk lebih halus dengan menyelesaikan dengan jalur diskusi, namun si dia malah melontarkan makian yang membuat kamu ketakutan dan tertekan.

Penting diketahui, ini ciri-ciri emotionally abusive relationship. Jangan sampai kamu terjebak, ya. (Sumber Foto: pexels.com)

Kamu tak bisa melakukan hal dengan bebas. Bahkan, kamu harus berbohong padanya demi bisa main dengan teman-temanmu. Jika memang kamu merasakan ini, berarti itu pertanda kamu berada dalam toxic relationship.

Adanya pemaksaan. Ya, emotionally abusive relationship biasanya ditandai dengan adanya pemaksaan. Si pasangan biasanya mengatakan jika kamu benar mencintainya, kamu harus melakukan pembuktian-pembuktian tertentu. Jika sampai tidak, dia bisa marah dan kembali melakukan makian.

Penting diketahui, ini ciri-ciri emotionally abusive relationship. Jangan sampai kamu terjebak, ya. (Sumber Foto: pexels.com)

Kamu merasa tidak berguna dan berharga. Orang-orang yang menjadi korban biasanya mulai merasa putus asa. Karena biasanya pasangan korban selalu menyalahkan korban mengenai masalah yang ada di antara mereka.

Merasa ketakutan pasangan mungkin saja menyakiti. Ya, setelah bertubi-tubi makian dan teriakan yang dialami, serta pengawasan ketat yang dia lakukan, si korban biasanya merasa takut pasangan mereka mungkin saja menyakiti ketika mereka melakukan sedikit saja kesalahan.

Penting diketahui, ini ciri-ciri emotionally abusive relationship. Jangan sampai kamu terjebak, ya. (Sumber Foto: pexels.com)

Jika kamu berada dalam situasi ini dan kemungkinan mengalami emotionally abusive relationship, selalu ingat bahwa kamu berhak untuk merasa bahagia. Karena setiap manusia punya hak untuk merasa aman dan selalu bahagia. Berjuanglah untuk kebebasanmu. Karena jika memang cinta, seharusnya kalian diselimuti bahagia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading