Sukses

Health

Kenapa Saat Alami Patah Tulang Tidak Boleh Makan Pisang?

Fimela.com, Jakarta Patah tulang memang terasa sangat sakit. Meskipun hal ini sangat urgent dan butuh penanganan dari profesional, banyak orang yang memilih pijat tulang tradisional. Biasanya, mereka terkenal dengan sebutan tukang urut patah tulang atau ahli patah tulang. Mereka yang mengandalkan keahlian pijat, sanggup menempatkan kembali posisi tulang yang bergeser dan bahkan bisa menyambung kembali tulang yang patah. 

Tentu saja, akan membutuhkan waktu yang berbeda-beda tiap orang. Namun, bukan itu saja yang menarikUsai memijat, biasanya tukang pijat itu memberikan wejangan untuk tidak melakukan ini dan itu, selama masa penyembuhan. Juga memberikan saran apa yang harus dilakukan kalau ada luka atau masih terjadi pembengkakan. 

 

Penderita Patah Tulang Dilarang Makan Pisang, Benarkah?

Ada satu wejangan yang kebanyakan tukang urut berikan yakni penderita patah tulang dilarang makan buah pisang selama penyembuhan. Banyak orang yang datang ke tukang urut patah tulang mendapat wejangan untuk tidak makan pisang dulu selama masa penyembuhan. Sayangnya, tidak ada satu orang pun yang tahu alasannya. 

Dilansir dari Everyday Health, sebenarnya pisang tidak ada dalam daftar makanan-makanan yang tidak baik buat tulang patah, bahkan tidak juga untuk tulang yang sehat. Mereka membuat lis makanan apa saja yang tidak baik untuk tulang patah, makanan bersodium tinggi, makanan yang manis-manis, soda, makanan dan minuman berkafein, alkohol, dan daging merah merupakan makanan yang sebaiknya dikurangi selama menderita patah tulang. 

Makanan Paling Baik untuk Penderita Patah Tulang

Pisang sama sekali tidak disebut daftar makanan yang perlu dihindari selama patah tulang. Sementara dilansir dari Andrew Institute, makanan yang paling baik untuk memulihkan tulang yang cedera adalah makanan-makanan yang mengandung kalsium. Di antaranya, ada kale dan susu sapi. Keduanya mengandung banyak kalsium. Namun, kamu sendiri tahu kalau daya serap tubuh setiap orang berbeda. Jadi da yang cepa menunjukkan manfaatnya dan ada juga yang lebih lambat.  

Apakah Pisang Menghambat Daya Serap Kalsium ke Tubuh?

Kalau begitu, apakah pisang justru menghambat penyerapan kalsium? Sebenarnya, dilansir dari Save Our Bones, pisang justru menjadi salah satu makanan yang mempercepat pemulihan tulang yang cedera. Soalnya, buah tropis ini kaya akan zat fructooligosaccharides, yang akan menutrisi bakteria dalam tubuh, tepatnya pada usus besarmu. 

Nah, bakteria ini akan meningkatkan produksi enzim pencernaan dan vitamin yang akan membantu penyerapan nutrisi-nutrisi dari makanan yang kamu makan untuk tubuhmu. Tidak terkecuali pisang. Zat fructooligosaccharides akan menutrisi bakteria di kolon atau usus besarmu, sehingga usus lebih optimal dan efisien dalam meresap kalsium dan magnesium yang dibutuhkan tulang.Tulang yang patah pun bisa pulih dengan cepat. 

Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading