Sukses

Lifestyle

Kenapa Saat Alami Patah Tulang Nggak Boleh Makan Pisang?

Fimela.com, Jakarta Patah tulang memang terasa sangat sakit. Meskipun hal ini sangat urgent dan butuh penanganan dari profesional, banyak orang yang memilih pijat tulang tradisional. Biasanya, mereka terkenal dengan sebutan tukang urut patah tulang atau ahli patah tulang. Mereka yang mengandalkan keahlian pijat, sanggup menempatkan kembali posisi tulang yang bergeser dan bahkan bisa menyambung kembali tulang yang patah. 

Tentu saja, akan membutuhkan waktu yang berbeda-beda tiap orang. Namun, bukan itu saja yang menarik, girls. Usai memijat, biasanya tukang pijat itu memberikan wejangan untuk tidak melakukan ini dan itu, selama masa penyembuhan. Juga memberikan saran apa yang harus dilakukan kalau ada luka atau masih terjadi pembengkakan. 

Lihat: Informasi dan Jadwal Dokter Tulang Terbaik (Ortopedi) di Jakarta.

Sayangnya, itu semua belum apa-apa, girls. Ada satu wejangan yang kebanyakan tukang urut patah tulang akan mengatakan kepada 'pasiennya.' "Jangan makan pisang, ya, sampai sembuh." Banyak orang yang datang ke tukang urut patah tulang mendapat wejangan seperti itu. Tapi, nggak ada satu orang pun yang tahu alasannya. 

Dilansir dari Everyday Health, sebenarnya pisang nggak ada dalam daftar makanan-makanan yang nggak baik buat tulang patah, bahkan nggak juga untuk tulang yang sehat. Mereka membuat lis makanan apa saja yang nggak baik untuk tulang patah; makanan bersodium tinggi, makanan yang manis-manis, soda, makanan dan minuman berkafein, alkohol, dan daging merah. 

Pisang. (Via: az-jenata.bg)

Pisang sama sekali nggah disebut dalam artikel itu. Sementara, dilansir dari Andrew Institute, makanan yang paling baik untuk memulihkan tulang yang cedera adalah makanan-makanan yang mengandung kalsium. Di antaranya, ada kale dan susu sapi. Keduanya mengandung banyak kalsium. Namun, kamu sendiri tahu, kan, kalau daya serap tubuh setiap orang berbeda. Ada yang cepat, ada juga yang lebih lambat.  

Nah, kalau begitu, apakah pisang justru menghambat penyerapan kalsium? Sebenarnya, dilansir dari Save Our Bones, pisang justru menjadi salah satu makanan yang mempercepat pemulihan tulang yang cedera. Soalnya, buah tropis ini kaya akan zat fructooligosaccharides, yang akan menutrisi bakteria dalam tubuh, tepatnya pada usus besarmu. 

Pisang. | via: socialsneaker.com

Nah, bakteria ini akan meningkatkan produksi enzim pencernaan dan vitamin yang akan membantu penyerapan nutrisi-nutrisi dari makanan yang kamu makan untuk tubuhmu. Nggak terkecuali pisang ini. Zat fructooligosaccharides akan menutrisi bakteria di kolon atau usus besarmu, sehingga usus lebih optimal dan efisien dalam meresap kalsium dan magnesium yang dibutuhkan tulang yang patah pulih kembali dengan cepat. 

;
Loading