Sukses

Lifestyle

Sederet Ciri Berbahaya yang Tandakan Kamu Kurang Minum Air Putih

Fimela.com, Jakarta Tubuh membutuhkan minimal 8 gelas air putih setiap harinya. Sayang, banyak yang tidak mengetahui bahayanya ketika tubuh kekurangan cairan. Bahkan, setengah dari populasi dunia kini mengalami dehidrasi tanpa menyadarinya.

Dilansir dari Brightside, tubuh manusia terdiri dari 60-80% cairan. Jika kita tak minum air yang cukup, akan ada bagian-bagian yang perlahan 'hilang' dan menimbulkan penyakit di kemudian hari.

Ciri-ciri ringan kamu kekurangan air putih adalah haus, mulut kering, mudah merasa lelah, selalu merasa khawatir dan sering marah-marah, kulit terasa kering, urin berwarna kuning, bau mulut, keram otot dan selalu merasa ingin makan yang manis-manis.

Dari mulai yang ringan hingga berbahaya, ini sederet ciri kamu kurang minum air putih. (Sumber Foto: Pinterest/Splash)

Namun, gejala akan semakin parah ketika secara tidak sadar kamu merasa sangat kehausan, jantung berdebar sangat keras, kehilangan kesadaran, napas lebih cepat, darah rendah, serta tidak keluar keringat meski cuaca panas melakukan aktivitas fisik.

Jika kamu bingung untuk mengatur jumlah asupan air, kamu bisa menggunakan berat badan sebagai parameternya. Berat badan kg dianjurkan untuk minum satu liter air sehari. Berat 45 kg dianjurkan untuk minum 1.25 liter air sehari.

Dari mulai yang ringan hingga berbahaya, ini sederet ciri kamu kurang minum air putih. (Sumber Foto: sdhealthyliving.com)

Jika miliki berat badan 54 kg, minumlah 1,5 liter air sehari. Lalu berat badan 63 kg minumlah 1.75 liter. Jadi, tubuh membutuhkan 0,25 liter setiap bertambah 10 kg. Dengan skala demikian, kamu bisa lebih mudah mengatur asupan air.

Jadi, jangan pernah meremehkan kekuatan minum air putih ya. Karena dengan kamu mengalami dehidrasi, makan tubuhmu bisa mengalami sederet penyakit. Sudahkah minum air hari ini?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading