Sukses

Lifestyle

Daripada Bikin Pesta Mewah, Alihkan Dananya Buat 4 Hal Ini

Fimela.com, Jakarta Kamu yang baru ingin menikah, pasti masih sangat deg-degan dan sibuk karena ada banyak banget hal yang harus kamu urus dan lakukan. Kamu sebagai milenial mungkin akan melihat-lihat berbagai foto pernikahan dan pre-wedding di Internet yang bikin semua cewek iri. Apa lagi saat melihat konsep pesta pernikahan yang sangat indah bertema Disney atau fairytale. 

Atau, justru yang Indonesia banget dengan segala upacara adatnya. Menikah memang sekali seumur hidup. Kamu pasti ingin sesuatu yang menyentuh hati dan indah kalau dikenang. Tapi, kamu mungkin lupa kalau pesta pernikahan itu sebenarnya bukan syarat. Pesta pernikahan mewah yang menghabiskan uang ratusan bahkan ada yang sampai puluhan juta itu bahkan nggak menjamin sebuah kehidupan yang bahagia setelah kamu menikah dan punya anak nanti. 

Kehidupan setelah menikah akan bahagia kalau cinta kamu dengan pasangan nggak pernah redup. Selain itu, juga terpenuhinya kebutuhan dan juga kebutuhan anak-anakmu kelak. Nah, dari pada kamu menggunakan banyak banget uang untuk pesta pernikahan, kenapa nggak kamu alokasikan saja ke berbagai hal yang lebih bermanafaat?

1. Uang yang kamu gunakan untuk pesta pernikahan mewah cukup banyak, lho, girls. Jangan-jangan cukup untuk berlibur keliling Eropa dengan pasanganmu saat bulan madu! Nah, kamu yang suka traveling mendingan nggak usah bikin pesta terlalu mewah. Gunakan uangnya untuk berjalan-jalan dengan keluargamu. Buat momen yang indah setelah kamu dan pasangan sah menjadi suami dan isteri. 

Traveling bareng pacar. (Pinterest)

Atau, kalau kamu merasa traveling juga terlalu sayang, kenapa nggak memberikannya kepada orangtuamu. Biarkan mereka yang berjalan-jalan menikmati hidup. Mereka akan lebih bersyukur, karena mungkin hadiah yang kamu berikan ini sangat indah berarti buat mereka. 

2. Kamu kalau sudah menikah nanti, ingin tinggal bersama orangtua atau punya rumah sendiri? Nah, dari pada uangnya dibuat untuk berpesta, lebih baik disimpan sebagai tambahan untuk membeli rumah. Atau bisa juga apartemen. Lumayan, lho, kalau kamu bisa save sekian belas atau puluh juta untuk dialokasikan sebagai tambahan membeli apartemen atau juga rumah. Selain lebih bermanfaat, kamu jadi nggak buang-buang uang dengan percuma. 

Menabung Bersama untuk Membeli Rumah Pertama. (Foto: usnews.com)

3. Dalam beberapa tahun, kamu akan punya anak. Memiliki anak bukan cuma soal melahirkan dan makanan bayi, popok, baju, dan juga susunya. Tapi lebih dari itu. Perjalanan hidup anak-anakmu masih panjang. Dan kamu sebagai orangtua berkewajiban untuk memberikan yang terbaik untuk. Dari pada kamu pakai untuk pesta pernikahan, taruh saja uang itu dalam bentuk emas, giro, atau tabungan berjangka yang nanti bisa kamu cairkan kalau anakmu masuk sekolah atau bahkan kuliah. 

4. Bikin usaha juga bisa jadi ide yang sangat bagus, girls. Kamu yang punya hobi bisa dijadikan bisnis. Jangan sendirian, ya. Kamu kan sekarang sudah punya suami. Ajak juga dia untuk membantumu. Atau, lebih baik lagi, membangun sebuah bisnis sama-sama juga boleh. Ini malah lebih enak, karena kamu nggak berada di posisi 'pembantu' bisnis suami, tapi posisimu sederajat dengannya. Sehingga kamu bisa menghasilkan uang lebih banyak, tanpa harus terpisah dengan suami. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading