Sukses

Lifestyle

Mau Traveling Murah ke Italia? Begini Caranya

Fimela.com, Jakarta Tak bernasib seperti Moldova maupun Slovakia, Italia merupakan salah satu destinasi di Eropa yang namanya sudah begitu akrab. Bersama dengan bunyi-bunyi familiar macam Spanyol dan Perancis, negara yang dikenal akan kelezatan kuliner lokalnya ini jadi alasan 'mainstream' untuk singgah di Benua Biru.

Namun di balik reputasi tersebut, Italia bukanlah destinasi yang sering kali muncul di daftar negara dengan biaya traveling terjangkau, minimal di Eropa. Kamu pun mungkin tahu, harga penginapan di sini menghabiskan setengah sisihan budget perjalanan. Belum lagi berbicara soal harga makanan yang, bila dibandingkan dengan Indonesia, tak bisa dikatakan murah.

Lantaran demikian, bukan berarti kamu tak bisa melakoni liburan murah di Italia. Menurut pemilik IC Bellagio, perusahaan penyedia jasa perjalanan di Italia, Andrea Grisdale, sebagaimana diwartakan New York Times, negara yang bahasanya berdialek khas ini juga bisa didatangi dengan hitung-hitungan biaya lebih sedikit. Coba simak beberapa poinnya.

Venesia, Italia. (Sumber Foto: Stefano Scatà)

Hindari musim liburan. Terdengar klise, namun poin ini sangat penting di Italia. Selain menghindar dari kerumunan turis yang terlalu banyak, singgah saat tak musim liburan juga bisa membuat biaya hidupmu jadi lebih terjangkau, setidaknya bisa 30 persen lebih murah.

Di samping waktu, perhatikan juga ke mana kamu pergi. Tentu Tuscany, Roma dan Capri begitu menarik untuk dijelajah. Namun Italia masih punya lusinan tempat cantik dengan biaya lebih terjangkau. Kawasan Gargano di Puglia, juga Bergamo, kota di utara Milan misalnya.

Efisiensi Penyewaan Jasa Pemandu

Sewa jasa pemandu yang bisa sekaligus jadi sopir. Liburan mewah di Italia bisanya lekat dengan sopir pribadi dan seorang pemandu. Namun membayar keduanya secara terpisah sungguhlah merupakan pemborosan. Jadi, mengapa juga tak digabungkan?

Leather Markets, Florence, Italia. (Sumber Foto: italylogue.com)

Menurut Grisdale, sedikit pelancong yang tahu jika mereka bisa menghemat biaya dengan menyewa satu orang untuk dua tanggung jawab. Bila kesulitan memperoleh jasa yang satu ini, jangan segan meminta rekomendasi dari hotel tempatmu bermalam.

Sewa semacam vila bila pergi dengan orang dalam jumlah lumayan banyak. Sudah disebutkan bahwa biaya penginapan merupakan sisihan perhitungan yang kadang (terlalu) menghabiskan uang. Terdapat satu cara lain untuk berhemat bila kamu tengah traveling dalam satu grup.

Positano, Italia. (Sumber Foto: travelwithusnl/Instagram)

Ketimbang membayar untuk sejumlah kamar, kamu mestinya bisa menyewa vila mewah. Dengan jumlah partisipan mencapai enam orang atau lebih, kalian bisa melakukan banyak agenda bersama di vila, termasuk memasak. Dengan begitu, Italia jadi tak semahal dugaan awal, bukan?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading