Sukses

Lifestyle

Jus Bit Dapat Mengurangi Risiko Serangan Jantung?

Fimela.com, Jakarta Segelas jus bit bisa membantu dalam diet nitrat sekaligus yang paling penting bisa mengurangi risiko serangan jantung. Sebuah penelitian mengungkapkan, diet nitrat adalah senyawa yang melebarkan pembuluh darah untuk menurunkan tekanan darah, faktor utama dalam mengembangkan serangan jantung.

Seperti yang dilansir dari Boldsky.com, temuan yang dipublikasikan di Journal of Physiology - Heart and Circulatory Physiology, menunjukkan bahwa, suplemen tersebut dapat mengurangi overstimulasi sistem saraf simpatik yang terjadi pada penyakit jantung dan menyebabkan jantung berdetak lebih kencang.

"Studi ini menemukan bahwa suplementasi nitrat akut menggunakan jus bit dapat mengurangi aliran keluar simpatis otot saat istirahat dan selama berolahraga," kata para peneliti dari University of Guelph di Kanada.

Dalam penelitian, tim tersebut menyelidiki 20 relawan dewasa muda dengan usia rata-rata 27 tahun, yang mengambil bagian dalam dua tes di mana mereka menerima suplemen nitrat atau plasebo.

Jus buah bit. (sumber foto: boldsky.com)

Para peneliti mencatat tekanan darah, denyut jantung dan aktivitas saraf simpatis otot (MSNA) dan aktivitas otot yang diukur saat istirahat dan selama latihan handgrip dengan tangan peserta yang tidak dominan. Hasilnya menunjukkan bahwa MSNA lebih rendah saat para relawan minum jus bit dibandingkan saat mereka minum plasebo.

Ilustrasi serangan jantung. (sumber foto: boldsky.com)

"Anehnya, tidak ada perbedaan tekanan darah yang terdeteksi saat istirahat atau saat berolahraga," kata periset tersebut. "Penelitian ini memberikan bukti-konsep bahwa suplemen nitrat diet dapat memodulasi arus keluar simpatik sentral dan menyarankan agar manfaat kardiovaskular mapan dari dietitrase cenderung melibatkan saraf," tambahnya.

Sebuah studi sebelumnya oleh para periset di University of Exeter telah menunjukkan bahwa dosis harian jus bit mentah dapat memungkinkan orang berolahraga hingga 16 persen lebih lama.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading