Sukses

Lifestyle

Jangan Berlebihan, Ini Tips Aman Wisata Kuliner

Fimela.com, Jakarta Terdapat banyak, begitu banyak, alasan untuk travelingSebagian pelancong mungkin saja ingin menjamah semata panorama memukau di negeri-negeri asing, sementara sisanya malah hendak mengenal budaya lokal lebih dalam. Keduanya tentu sah-sah saja dilakukan.

Namun di antara deretan motif traveling, wisata kuliner jadi satu yang akrab dan sekiranya tak bisa dicerai dari perjalanan. Pasalnya, keberagaman tak hanya milik panorama di depan mata, melainkan juga cita rasa masakan yang biasanya terpengaruh budaya setempat. Berangkat dari fakta tersebut, mencicip sejumlah kuliner khas jadi menarik dilakukan.

Bila agenda inilah yang akan dilakoni di perjalanan selanjutnya, maka sederet tips berikut jadi penting untuk disimak. Meski (tentu saja) terselimut euforia yang terkadang terlalu membebat, bukan berarti kamu melakoni aktivitas ini dengan sembarang. Supaya aman dan perjalanan tetap menyenangkan, begini tips wisata kuliner menurut Bintang.com.

Pilih-pilih makanan mesti dilakukan saat wisata kuliner. (Sumber Foto: hungryisland.wordpress.com)

Pilih-pilih makanan. Jangan punya ambisi untuk mencoba semua kuliner lokal. Walau menggoda, kamu mesti-tetap-harus memilih deretan kuliner tersebut. Bukan apa-apa, pasalnya tanpa disadari, makanan merupakan salah satu faktor yang berkontribusi cukup besar pada kesehatan selama traveling.

Jangan hanya karena bernafsu mencoba semua makanan lokal, kamu jadi mengabaikan kesehatan. Jadi, pastikan kamu tak alergi pada bahan-bahan pembuat makanan tersebut. Perhatikan pula tingkat kebersihannya. Bila di suapan pertama kamu merasa tak enak, jangan memaksakan diri untuk melahap habis makanan tersebut.

Wisata Kuliner dengan Aman, Yuk!

Buat daftar makanan apa saja yang hendak dicicip. Selain mengetahui lebih pasti bahan pembuatnya (bisa dengan berselancar di internet), kamu bisa mengatur di mana bisa membeli makanan-makanan tersebut untuk nantinya dipadukan dengan aktivitas lain selama traveling.

Buat daftar makanan yang hendak dicicip saat wisata kuliner. (Sumber Foto: ridhwanz/Instagram)

Ditambah, kamu bisa mengatur mana-mana saja yang ingin di makan di satu hari. Misalnya, tak mungkin seharian kamu makan makanan pedas. Harus ada kombinasi manis atau gurih di antaranya. Juga, jangan sampai daftar makanan tersebut menumpuk terlalu banyak di satu waktu yang sama. Atur jam makanmu! Nanti kamu malah kekenyangan dan tak bisa menikmati dengan sebagaimana mestinya.

Jangan sembarang pilih tempat. Setelah tahu ingin makan apa saja, maka riset selanjutnya adalah mencari tempat untuk mendapatkan makanan tersebut. Pemilihan tempat memang relatif, tapi sebelum menjatuhkan putusan, kamu bisa browsing dan membaca sejumlah review dari pelanggan sebelumnya.

Jangan sembarang pilih tempat saat wisata kuliner. (Sumber Foto: febrianikmadusari/Instagram)

Lebih enak lagi kalau punya teman yang merupakan warga lokal. Jadi, kamu tinggal langsung bertanya. Di samping punya jadwal yang lebih jelas, dengan melakukan poin ini, kamu bisa melakukan sisihan budget. Jadi, perencanaan wisata kuliner bisa jadi lebih matang. Selamat membiarkan lidah berpetualang dengan 'sejuta' cita rasa!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading