Sukses

Lifestyle

5 Warna Lidah Nggak Normal yang Tunjukkan Kondisi Kesehatanmu

Fimela.com, Jakarta Bukan hanya sebagai bagian tubuh dalam mulut yang dapat menjilat, mengecap, dan berkata-kata, lebih dari itu, lidah juga bisa bercerita banyak tentang kesehatanmu yang sesungguhnya. Mulai dari ukuran, bentuk, tekstur, hingga warna. Semuanya dapat merepresentasikan kesehatan.

Seperti misalnya lidah yang menjadi warna cokelat menunjukkan masalah paru-paru, lidah abu-abu yang menunjukkan penyakit saluran pencernaan, dan lidah ungu yang menunjukkan penyakit hati dan paru-paru. Berikut ini, ada sederet grafik sederhana dari Bright Side yang akan membantu kamu dalam mengidentifikasi masalah kesehatan sesuai dengan warna lidah.

Namun, ada baiknya jika setiap pagi kamu memeriksa warna lidah dengan cahaya yang baik. Selain itu, nggak dianjurkan untuk 'menyiksa' lidah, sebab, hal itu dapat mempengaruhi hasilnya. Konsumsi makanan, minuman, obat-obatan, atau kebiasaan merokok juga bisa memengaruhi warna lapisan lidah.

Radang perut atau bisul di perut. (Sumber foto: brightside.me)

Biru

Penyakit ginjal. (Sumber foto: brightside.me)

Putih

Infeksi jamur flu dan dehidrasi. (Sumber foto: brightside.me)

Kuning

Masalah perut atau hati. (Sumber foto: brightside.me)

Merah

Penyakit menular dan proses inflamasi atau peradangan. (Sumber foto: brightside.me)

Eits, tapi diagnosis visual ini nggak selalu memberikan hasil yang 100% akurat, ya. So, jika kamu menemukan warna berbeda dengan lidahmu, segera periksa ke dokter hingga menemukan diagnosis yang tepat. 

;
Loading