Sukses

Lifestyle

Inikah Surga Tersembunyi Terakhir di Vietnam?

Fimela.com, Jakarta Lima hingga sepuluh tahun lalu, ketika Vietnam belum memenuhi (terlalu) banyak kisah perjalanan pelancong dunia, negara tetangga Laos itu punya banyak surga tersembunyi untuk ditemukan. Namun setelah satu per satu namanya memenuhi bucket list traveler dan perlahan dicoret karena telah terjamah, masihkah ada wilayah di Vietnam yang membuat decak kagum jadi sering terdengar?

Meski telah terdapat banyak wilayah touristy macam Ho Chi Minh City, Ha Long Bay, Hanoi, dan Sapa, terdapat lebih banyak wilayah terisolasi yang sanggup membuatmu terheran-heran karena saking indah di negara tetangga Kamboja tersebut. Bila kategori demikian yang jadi titik berat dalam penentuan destinasi di Vietnam, maka melewatkan Phong Nha-Ke Bang National Park akan terasa seperti dosa besar,

Dengan luas mencapai 885 kilometer persegi, kawasan konservasi ini terdiri dari hutan belantara, deretan gua, juga sungai bawah tanah yang mengalir hingga perbatasan Laos dan Laut Cina Selatan. Dengan bentang wilayah yang demikian, kamu bisa lakukan apa saja di sini?

Gua Hang Son Doong, Taman Nasional Nha-Ke Bang, Vietnam. (Sumber Foto: Urs Zihlmann/Bored Panda)

Gua-gua ternama. Lanskap mengagumkan berupa jajaran karst berusia 400 juta tahun dengan tambahan gua-gua dan deretan sungai bawah tanah yang satu demi satu dibuka untuk publik ini siap menambat hatimu. Di antara sejumlah nama, Son Doong Cave merupakan satu yang paling terkenal. Bagaimana tidak, gua ini merupakan yang paling besar di Bumi.

Bila sisihan biayamu setidaknya mencapai USD3000, maka kamu bisa turut serta dalam ekspedisi menjelajah gua yang baru dimasuki beberapa ribu orang dari seluruh dunia ini. Namun bila budget-nya lebih minim, kamu bisa menyambangi Phong Nha Cave yang cantik. Nama-nama seperti Hang Toi dan Paradise Cave juga jadi opsi lain yang tak kalah menggoda.

Ada Apa Lagi Selain Gua?

Alam liar yang mengagumkan. Di samping gua-gua menawan, Phong Nha juga merupakan rumah bagi sejumlah satwa liar, termasuk muntjac, langur, kera, dan beruang hitam. Belum lagi berbicara tentang ribuan spesies burung, reptil, dan amfibi.

Phong Nha-Ke Bang National Park, Vietnam. (Sumber Foto: Mr and Mrs Backpacker/Flickr)

Namun hanya wilayah yang termasuk dalam taman nasional yang bisa kamu sambangi. Tak dikenakan biaya masuk, kamu hanya perlu membayar untuk atraksi-atraksi tertentu, kemudian hanya tinggal menikmati panorama dari jalan sepanjang 65 kilometer via Highway 20 dan Ho Chi Minh Trail.

Atraksi di luar taman nasional. Menepi sejenak dari jalur turis di dalam kawasan konservatif, kamu bisa menjelajah petak-petak sawah dan desa kecil dengan mengendarai sepeda. Jangan lewatkan Bong Lai Valley, di mana kamu seakan dibawa ke waktu sepuluh tahun silam.

Phong Nha, Vietnam. (Sumber Foto: Pixabay/CC0)

Berkendara di sepanjang jalan berlumpur untuk mengunjungi Duck Stop di mana kamu akan ditunjukkan perkebunan lada milik keluarga. Phong Nha-Ke Bang National Park mungkin saja terpencil, tapi sudah pasti bukan surga tersembunyi terakhir di Vietnam.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading