Sukses

Lifestyle

Jadwal Puasa Ramadan 2017, Kapan Hari Pertama Puasa?

Fimela.com, Jakarta Ada yang bilang kalau puasa pertama itu akan dilaksanakan pada 27 Mei, tetapi ada pula yang bilang 26 Mei dan ada juga yang mengatakan kalau awal puasa itu jatuh pada 28 Mei. Hmmm, mana yang benar ya? Apakah pemerintah sendiri sudah mengeluarkan jadwal puasa Ramadan 2017 ini?

Jawabannya, belum! Kementerian Agama melalui Ditjen Bimas Islam akan menggelar sidang isbat (penetapan) awal Ramadan 1438H/2017 M. Dilansir dari Liputan6.com, sidang akan digelar pada Jumat, 26 Mei 2017. Melalui mekanisme sidang isbat tersebut, Kemenag akan menetapkan waktu umat Muslim Indonesia mulai menjalankan ibadah puasa Ramadan.

"Sidang isbat merupakan wujud kebersamaan Kementerian Agama selaku Pemerintah dengan ormas Islam dan instansi terkait dalam mengambil keputusan, yang hasilnya diharapkan dapat dilaksanakan bersama," kata Plt Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin usai rapat persiapan Itsbat Awal Ramadan 1438H di Jakarta, seperti dikutip dari Liputan6.com.

Jadwal Puasa Ramadan 2017, Kapan Hari Pertama Puasa? (Foto: popsugar-assets.com)

Jika pemerintah belum menentukan kapan awal puasa, maka Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah menetapkan awal Ramadan 1438 H jatuh pada 27 Mei 2017. Keputusan tersebut diambil berdasarkan hisab wujudul hilal yang menjadi pedoman ormas tersebut. "Ramadan 1438 H jatuh pada Sabtu, 27 Mei 2017," ujar Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti saat dihubungi Liputan6.com.

Jadwal Puasa Ramadan 2017, Kapan Hari Pertama Puasa? (Foto: squarespace.com)

Buat kamu yang masih bingung kapan awal Ramadan, maka bersabarlah sampai tanggal 26 Mei nanti alias setelah siding isbat nanti. Setelah itu, jadwal puasa Ramadan 2017 pasti akan ketahuan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading